Sidak Swalayan, Ingatkan Pengelola Patuhi Aturan | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 18 September 2020
Diposting : 1 February 2020 02:27
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ INGATKAN - Bupati Suwirta ingatkan pengelola swalayan patuhi ketentuan aturan.
balitribune.co.id | Semarapura - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama seluruh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Klungkung serta instansi terkait lainnya melakukan sidak ke swalayan di tiga Kecamatan Klungkung Daratan seperti Indomaret, Supermarket Inti, Cahaya Melati, Clayndys, Alfamart maupun Pasar Umum Galiran, Jumat (31/1) pagi. 
 
Tujuan sidak tersebut, terkait mengecek berbagai ketertiban iklan Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR), penjualan produk lokal, izin usaha harga penjualan barang, persediaan kebutuhan pokok, tas belaja dan ketertiban pemungutan sampah. Setelah Bupati Suwirta keliling meninjau swalayan ditemui keseluruhan hampir sudah mematuhi peraturan yang diterapkan yakni salah satunya penertiban Perda Iklan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) serta izin usaha juga sebagian besar sudah diurus dengan baik. "Setelah saya keliling mengecek rata-rata semua swalayan sekarang sudah mematuhi peraturan penertiban iklan KTR ini, tetapi masih ada swalayan yang belum menjual produk lokal seperti beras dan saya sudah langsung tugaskan masing-masing pengusaha agar kedepannya menjual produk lokal," tegasnya. 
 
Bupati Suwirta menambahkan agar masing-masing swalayan bisa mengisi label harga masing-masing barang yang dijual. Selain itu, Bupati juga mengingatkan para pedagang selalu menjaga kebersihan dengan baik terutama didepan swalayan untuk disediakan tempat pemungutan sampah. "Mari bersama-sama jaga selalu kebersihan ini dengan sebaik-baiknya," harapnya.
 
Sementara itu, terkait di pasar harga cabai lokal sudah menurun cabai luar lebih murah, harga bawang merah dan bawang putih mulai naik. Hal ini disebabkan karena sekarang mulai musim hujan, menyikapi hal tersebut pihaknya akan terus berupaya lebih lanjut berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menstabilkan harga barang. Bupati juga menghimbau agar para pedagang yang berjuala dipasar bisa mematuhi peraturan, terutama yang berjual memakai mobil pick up agar jangan sampai ada yang berjualan di areal parkir.