SMA Bali Mandara Contoh Sukses Pengelolaan BI Corner | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 03 Juli 2020
Diposting : 13 January 2020 20:17
Arief Wibisono - Bali Tribune
Bali Tribune/BI CORNER - Kepala KPw BI Bali, Trisno Nugroho (kanan) bersama Kepala Sekolah SMA Bali Mandara, Drs. I Nyoman Darta, M.Pd., di BI Corner.

balitribune.co.id | Singaraja - Sudah selayaknya jika SMA Bali Mandara yang berlokasi di Desa Kubutambahan, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng bisa dijadikan contoh sukses pengelolaan bagi para penerima program BI Corner dari Bank Indonesia. Menyabet juara pertama, dua tahun berturut-turut (2018/2019, red) menunjukkan SMA Bali Mandara pantas menyandang predikat tersebut. Kunci keberhasilan pengelolaan yang berbasis disiplin, kreatif dan inovatiflah yang mengantar SMA Bali Mandara meraih juara.

Kepala SMA Bali Mandara, Drs. I Nyoman Darta, M.Pd., saat menerima kunjungan Kepala KPw BI Bali, Trisni Nugroho, Jumat (10/1/2020) awalnya atas nama keluarga besar SMA Bali Mandara menyampaikan terima kepada Kepala KPw BI Bali, Trisno Nugroho atas bantuan yang telah diberikan selama ini. 

Lantas ia mengatakan, kehadiran BI Corner bisa menjadi inspirasi bagi para siswa, apalagi dilengkapi dengan berbagai macam buku. Ada yang dalam bentuk fisik buku, ada juga yang dalam bentuk digital. Dengan koleksi buku dan suasana yang mendukung tentu BI Corner menjadi daya tarik para siswa ditambah fasilitas yang menunjang merangsang para siswa untuk belajar dari referensi buku yang ada. 

"Para siswa juga mengaktifkan BI Corner ini bukan hanya di lingkungan sekolah, tapi juga bagi masyarakat sekitar," sebutnya, seraya menyontohkan, tiap hari minggu ada anak-anak dari lingkungan sekitar yang memanfaatkan BI Corner sebagai taman bacaan yang dilayani oleh Smandara Library Team (SLT). "Mereka inilah (SLT, red) yang merelakan dirinya untuk menunggu perpustakaan dari jam 7 pagi hingga jam 10 malam juga di hari Minggu," tuturnya. 

Melalui BI Corner yang juga menyediakan buku bacaan ekonomi akhirnya mereka faham apa itu keuangan, ekonomi, pasar modal dan lainnya. Bahkan para siswa juga memiliki buku manajemen keuangan, yang tujuannya agar para siswa mampu mengelola keuangannya sendiri. "Meskipun tiap bulannya mereka hanya dikirimi 50 ribu rupiah, tapi mereka belajar mengelolanya," imbuhnya. 

Tujuan adanya BI Corner yang yaitu untuk merangsang minat baca sekaligus turut serta mencerdaskan anak bangsa melalui referensi buku yang disediakan oleh BI, begitu dikatakan Trisno Nugroho. Bahkan ia bangga dengan kondisi BI Corner yang ada di SMA Bali Mandara yang terlihat kreatif, inovatif dan bermanfaat. "Menurut saya BI Corner disini lebih hidup, artinya siswa disini pasti suka baca. Padahal di tempat lain terkadang lampunya sudah mati," sebutnya. 

Dengan bangga, Trisno Nugroho menyampaikan, tepat sekali rasanya BI memberikan bantuan BI Corner kepada SMA Bali Mandara yang bisa jadi trigger bagi yang lain. "SMA Bali Mandara bisa jadi pemicu BI Corner di seluruh Indonesia karena dikelola secara baik," tututpnya.