Diposting : 29 January 2019 14:07
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Berbagai upaya dipersiapkan Pemkab Klungkung untuk menuju Kabupaten Sehat tahun 2019. Tampak, Bupati I Nyoman Suwirta saat hard dalam acara sosialisasi penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat (KKS) di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Senin (28/1) kemarin.
Bali Tribune, Semarapura - Persiapakan diri menjadi Kabupaten Sehat Tahun 2019, Pemkab Klungkung melakukan berbagai upaya. Salah satunya, menggelar acara sosialisasi Penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat yang digelar di ruang Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Senin (28/1) kemarin.
 
Dinas Kesehatan dan perangkat daerah yang termasuk dalam Tim Pembina telah menyiapkan banyak hal untuk persiapan keikutsertaan Kabupaten Kota Sehat.
 
Salah satu langkahnya dengan mengadakan sosialisasi  penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat (KKS) untuk persiapan verifikasi Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Klungkung 2019 dihadiri langsung.
 
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam arahannya saat hadir pada acara tersebut menegaskan, pembagian tugas-tugas indikator pokok, indikator umum serta indikator khusus harus jelas sesuai dengan tugasnya.
 
Hal ini lanjutnya, untuk mendukung tatanan penilaian kota sehat, Kabupaten Klungkung bisa menjadi Kabupaten Kota Sehat. 
 
Bupati Suwirta berharap, masing-masing OPD menggaris bawahi dimana hak dan kewenangn sehingga variabel itu habis dibagi sesuai tugasnya, serta forum ikut membantu dan menggerakan.
“tidak ada satupun OPD yang tidak terlibat, saya harapkan semua OPD terlibat dan mendukung serta siapkan administrasi dan dokumentasi sesuai apa yang sudah menjadi ketentuan”. ujar Bupati Suwirta.
 
Sementara Kepala Dinas Kesehatan Klungkung, Ni Made Adi Swapatni menjelaskan, penerapan Kabupaten Sehat di daerah sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 dan 1138 Tahun 2005.
Dia mengungkapkan ada sembilan indikator tatanan kabupaten/ kota sehat, yakni kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.
 
"Tujuan dari Kabupaten/ Kota Sehat sendiri adalah suatu kondisi kabupaten/ kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni yang dicapai melalui kegiatan yang terintegritas yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Untuk itu seluruh instansi terkait‎ di Pemkab Klungkung akan dilibatkan," ungkap Swapatni.
 
Turut hadir dalam acara tersebut Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta, Kepala Dinas Kesehatan Klungkung, Ni Made Adi Swapatni serta sluruh Forum Kota Sehat Kabupaten Klungkung.