Staf Wenara Wana Tetap Bekerja | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 04 Desember 2020
Diposting : 22 June 2020 07:53
Nyoman Astana - Bali Tribune
Bali Tribune/ MONKEY FOREST - Suasana Objek Wisata Wenara Wana (Monkey Forest) Ubud.
Balitribune.co.id | Gianyar - Ketika semua tempat di sektor Pariwisata lumpuh dan tutup akibat Pandemi Covid-19, rupanya tidak semua staf atau karyawan yang kehilanagan mata pencahariannya. Wisata Mandala Wenara Wana atau yang sering dikenal sebagai Monkey Forest  salah satunya. Di objek obyek wisata Favorit di Ubud ini,  memang ditutup  lantaran Musbh corona ini. Namun syukurnya, pihak pengelola yakni Desa Adat Padang Tegal Ubud tidak merumahkan satupun karyawan untuk mamastikan penghuni hutan tetap terawat dengan baik.
 
Bendesa Adat Padang Tegal Ubud, Made Gandra, Minggu (21/6), mengatakan bahwa di obyek wisata Monkey Forest Ubud terdapat 150 pekerja. Dari awal ditutup, pihaknya  tidak ada merumahkan karyawan. Caranya, untuk mengemat pengeluaran, pihaknya melakukan rolling  atau pengalihan tugas terhadap karyawan.
 
Salah satu faktor utama yang menjadi alasan pihaknya tidak merumahkan karyawan karena terdapat hewan yakni monyet yang harus dipelihara. Disebutkan, pada awalnya, saat penutupan bulan Maret lalu pihaknya hany menerapkan 15 hari kerja, namun untuk lebih efisien mulai bulan April kami berlakukan 7 hari kerja. “Di sini ada ratusan kera yang harsu tetap terjaga dan dirawat," terangnya.
 
Walaupun penghasilan tidak full atau sepenuhnya selayaknya masih buka namun pihaknya berusaha untuk masih bisa memberikan penghasilan kepada karyawan. "Kalau kita rumahkan juga mereka maka  tidak memiliki penghasilan sama sekali. Kita ajak mereka, walaupun penghasilannya tidak penuh seperti yang dulu tapi setidaknya mereka memiliki penghasilan," jelasnya.