Sungai Candigara Meluap, Puluhan Rumah Terendam | Bali Tribune
Diposting : 9 June 2021 23:19
SUG - Bali Tribune
Bali Tribune / TERENDAM - Beberapa rumah dan warung di Banjar Pancingan, Kusamba terendam banjir akibat sungai Candigara meluap.

balitribune.co.id | SemarapuraHujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Klungkung menyebabkan air Sungai Candigara di Banjar Pancingan, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan meluap, Rabu (9/6/2021). Akibatnya, puluhan rumah warga terendam banjir. Kondisi ini sempat membuat warga panik karena air merendam rumah dan warung mereka.

Seorang warga setempat yang rumahnya terendam banjir, I Komang Sayoga (22) menjelaskan, genangan air terjadi pukul 08.00 Wita saat dirinya mau berangkat bekerja. Ia merasa kaget, sebab ketinggian air sudah mencapai lutut orang dewasa dan akhirnya dia tidak bisa bekerja karena harus menyelamatkan barang-barang di dalam rumah.

“Ada puluhan rumah warga dengan jumlah (40) KK terendam air. Banyak perabot dan peralatan rumah, seperti kasur, lemari dan motor warga juga terendam,” ujarnya.

Warga lainnya Ni Ketut Sutami pemilik warung juga mengalami dampak dari banjir ini. Barang-barang jualannya pun banyak yang tergenang air.

“Hujannya cukup deras tadi pagi. Kalau sudah hujan deras, pasti banjir. Lokasi pemukiman ini memang rawan banjir,” ujar Ni Ketut Sutami yang tampak sibuk memindahkan barang dagangannya.

Sementara itu ditemui di lokasi banjir, Nyoman Sudiasna, Kadus Bingin yang membidangi wilayah Banjar Pancingan menjelaskan, banjir di wilayahnya sudah terjadi beberapa kali. Kejadian ini karena pendangkalan Sungai Candigara.

"Ada puluhan rumah terendam, yang terendam parah ada belasan rumah, warga berusaha mengamankan perabotannya," ungkapnya.

Banjir terjadi sekitar pukul 08.00 Wita, diawali dari hujan deras pukul 05.00 Wita. Air sungai meluap, dan menggenangi rumah warga.

Mendengar adanya musibah banjir ini, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta langsung turun ke lokasi untuk melihat secara langsung kondisi warga.

“Saya sudah koordinasi dengan BPBD dan Dinas PU, bagaimana solusi sementara agar warga aman,” ujar Wabup Kasta, didampingi Kapolsek Dawan AKP Ida Ayu Kalpika Sari ikut turun ke lokasi.

Wabub mengingatkan warga yang paling penting menjadi perhatian agar masyarakat sekitar sungai itu tidak ada yang membuang sampah sembarangan, terutama ke aliran sungai. Upaya itu dilakukan untuk mencegah agar tidak terjadi banjir.

"Mari bersama-sama jaga kebersihan lingkungan sekitar dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan semoga musibah ini segara bisa tertanggulangi," ujar Wabup Kasta.

Hukum & Kriminal

Terpopuler