Tampil Megah, Wisatawan Akan Nyaman Berburu Oleh-oleh di Pasar Seni Kuta | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 14 Juli 2024
Diposting : 16 February 2023 20:00
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / DIRENOVASI - Bangunan Pasar Seni Kuta, Badung yang sudah rampung direnovasi

balitribune.co.id | KutaPara pedagang di Pasar Seni yang direlokasi ke Pantai Kuta, Badung berharap bisa segera menempati bangunan baru Pasar Seni Kuta yang kini sudah rampung direnovasi. Namun, rampungnya renovasi bangunan Pasar Seni Kuta membuat padagang merasa was - was akan terjadi kenaikan harga sewa. Selain keputusan untuk pindah belum ada, pedagang pun cemas tarif sewa kios Pasar Seni Kuta yang baru jauh lebih mahal dari sebelumnya.

Keberadaan Pasar Seni Kuta biasanya menjadi salah satu tempat berburu oleh-oleh atau suvenir khas Bali saat wisatawan berwisata di Bali. Pedagang di Pasar Seni Kuta menjual beragam suvenir berupa kaos, sarong, tas, sandal dan kerajinan khas Bali lainnya. Salah seorang pedagang yang telah berjualan di Pasar Seni Kuta sejak sebelum direnovasi, Suriani mengaku selama masa renovasi pihaknya berjualan di Pantai Kuta. 

"Untuk sementara karena Pasar Seni Kuta masih direnovasi, kami berjualan di Pantai Kuta. Tapi di Pantai Kuta sering diterpa hujan dan angin kencang. Kami masih menunggu pemberitahuan kapan diizinkan untuk pindah ke Pasar Seni yang baru selesai direnovasi ini," katanya saat ditemui di Pantai Kuta, Badung, Selasa (14/2).

Sembari menunggu bisa segera dipindah ke Pasar Seni Kuta yang baru, sejumlah pedagang juga merasa khawatir apabila nantinya tarif sewa kios lebih mahal dari sebelum direnovasi. Demikian disampaikan Sandra dan Jro Ayu yang merupakan pedagang di Pasar Seni Kuta. 

Sejak dilakukan renovasi sekitar Juni 2022 lalu, Pasar Seni Kuta kini telah berubah menjadi bangunan gedung pasar yang megah. Bangunan berlantai tiga ini memiliki ratusan kios lengkap dengan fasilitas toilet, CCTV hingga area parkir kendaraan yang luas. Pemanfaatan gedung saat ini masih menunggu proses serah terima dan diupacarai secara Hindu.

Tampilan baru Pasar Seni Kuta diharapkan memberikan kenyamanan bagi wisatawan domestik maupun asing saat berbelanja suvenir khas Bali yang akan dijadikan oleh-oleh ketika kembali ke tempat asalnya. Para pedagang pun berharap dapat segera kembali berjualan di bangunan baru Pasar Seni Kuta.