Tebing Bukit Abah Longsor | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 02 Maret 2024
Diposting : 28 June 2017 19:48
Ketut Sugiana - Bali Tribune
BPBD
BPBD Kabupaten Klungkung dibantu apparat TNI dan masyarakat tampak membersihkan bekas longsoran tebing.

BALI TRIBUNE - Cuaca yang tidak menentu disertai hujan deras, menyebabkan bencana longsor di kawasan Bukit Abah Desa Besan, Dawan, Klungkung, Senin lalu sekitar pukul 07.50 Wita. Tidak ada korban jiwa dalam musibah longsor ini, namun material tanah setinggi 25 meter sempat menutupi akses jalan menuju dan dari Bukit Abah.

Berkat kesigapan petugas BPBD Klungkung bersama TNI yang sedang melaksanakan TMD di kawasan tersebut, dilakukan pembersihan material yang menutupi akses jalan tersebut sehingga jalan akhirnya bisa dilalui kembali. Bencana longsor ini sempat dipantau Bupati Nyoman Suwirta yang langsung turun ke lokasi sekitar pukul 8.30 Wita.

Terkait musibah longsor ini Bupati Nyoman Suwirta secara cepat meminta Dinas PU Klungkung untuk segera membuat penanganan pascamusibah secara permanen di temnpat tersebut. “Nantinya apakah dengan pemangkasan tebing atau pembuatan terasering agar nantinya di saat musim hujan tidak terjadi longsor kembali,” jelas Suwirta.

Bupati Suwirta dihubungi Selasa (27/6) menyebutkan untuk ke depannya meminta kepada warga setempat untuk selalu waspada apalagi musim hujan datangnya tidak terduga. “Di sepanjang akses jalan Bukit Abah ini banyak tebing rawan longsor untuk itu warga agar selalu waspada dan berhati-hati,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya kawasan Bukti Abah juga sempat mengalami musibah longsor pada 12 Februari 2017. Saat kejadian longsor tersebut sempat membuat warga sekitar terisolir beberapa hari akibat material yang menutup jalan menuju Bukit Abah.

Menurut warga sekitar, selama seminggu terakhir ini sekitar tiga kali terjadi tebing yang longsor namun karena skalanya kecil warga masih bisa membersihkan material secara gotong-royong. Namun warga meminta Dinas PU Klungkung untuk bisa membuat tembok yang memperkuat tebing sehingga tidak mudah ambrol.