Tekan Kasus DBD, Digelar Lomba PSN | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 09 Desember 2021
Diposting : 17 June 2016 13:35
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
PSN
Salah satu tim peserta lomba PSN saat melakukan sosialisasi.

Denpasar, Bali Tribune

Kelurahan Sumerta menggelar lomba Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) se-Kelurahan Sumerta dengan melibatkan 7 Lingkungan di Kelurahan tersebut, Kamis (16/6). Lomba ini guna menekan terjadinya kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) di Denpasar, khususnya Kelurahan Sumerta.

Lurah Sumerta, I Made Tirana, mengatakan lomba ini bertujuan memberikan edukasi serta mengkaderisasi para jumantik yang ada di Kelurahan Sumerta dengan turun langsung kerumah-rumah warga.

Selain itu, ini merupakan langkah dasar dan langkah pertama untuk membasmi nyamuk aedes aegypti yang merupakan penyebab DBD terutama nyamuk dewasa serta untuk memutus mata rantai penularan dengan memaksimalkan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit DBD yang kasusnya merebak akhir-akhir ini seiring dengan perubahan cuaca yang tidak menentu.

“Kedepannya harapan kami hendaknya harus terus bersinergi dengan masyarakat dengan melakukan PSN, kemudian juga bekerjasama dengan seluruh stakeholder yang ada untuk turut menjaga kota ini agar tidak endemis DB,” kata Tirana.

Tirana mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan antisipasi pada serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Selain itu masyarakat bisa melakukan upaya menjaga kebersihan lingkungan di dalam rumah maupun di luar rumah. Salah satu yang penting yaitu meningkatkan Gerakan Jumat Bersih untuk membrantas sarang dan jentik-jentik nyamuk melalui 4M-Plus, yaitu Menguras, Menutup, Mengubur, Memantau wadah air yang berpotensi sebagai tempat perindukan nyamuk aedes aegypti dan Plus menaburkan racun pembasmi jentik.

Kadis Kesehatan Kota Denpasar, Luh Putu Sri Armini, sangat mengapresiasi serta menyambut baik kegiatan seperti itu, dimana muaranya adalah demi kesehatan bersama. Selain itu diharapkan adanya kerjasama antara aparat terbawah sampai dengan masyarakat untuk saling bahu membahu dalam mengatasi pemasalahan lingkungan secara bersama-sama, sehingga populasi nyamuk dapat ditekan serta diantisipasi lebih awal.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan lomba PSN yang dilakukan oleh Kelurahan Sumerta, selain itu kami berharap Kelurahan yang lain juga bisa melakukan kegiatan serupa. Jika tidak secara terus menerus melakukan hal seperti itu dan memotivasi masyarakat dalam melakukan gerakan PSN-DBD maka dapat dipastikan kasus DBD akan lebih meningkat,” kata Sri Armini.

Hukum & Kriminal

Terpopuler