Terima Audiensi KTNA Karangasem Ketua DPRD Karangasem Sepakat Perkuat Sektor Pertanian | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 07 Agustus 2020
Diposting : 2 July 2020 19:15
Husaen SS. - Bali Tribune
Bali Tribune / Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana saat menerima audiensi rombongan KTNA

balitribune.co.id | Amlapura - Pandemi Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini, benar-benar memukul sektor perekonomian Nasional termasuk Bali. Mengingat Bali yang mengandalkan sektor pariwisata guna menggerakkan roda perekonomian. Namun sektor pertanian dalam arti luas masih tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu terungkap saat Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana, S.Pd, M.Si. menerima audiensi Pengurus KTNA Kabupaten Karangasem di ruang kerjanya Kamis (2/7/2020). Rombongan yang dipimpin oleh Penasehat KTNA Karangasem I Nengah Rimpi dan Ketua KTNA Karangasem I Wayan Sumatra beserta 12 orang pengurus KTNA Kecamatan, berdiskusi dan memberi masukan kepada Ketua DPRD tentang upaya penguatan sektor pertanian ke depan agar benar-benar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.

Ketua DPRD Karangasem, dalam kesempatan itu mengatakan, ditengah pandemi Covid-19 justru sektor pertanian menjadi sector penting untuk pemenuhan kebutuhan pangan, terutama di pedesaan yang masih eksis. Apalagi geliat masyarakat untuk gerakan menanam tanaman pangan seperti cabe, terong dan komoditi lainnya justru meningkat, ditengah himbauan pemerintah untuk mengurangi aktivitas ke luar rumah guna mengurangi penyebaran Covid-19.

“Saya buktikan dengan menanam berbagai jenis sayuran dan tanaman pangan dipekarangan rumah seperti ubi, kacang panjang, bayam, undis. Minimal untuk konsumsi keluarga sangat mencukupi,” ujar Gede Dana yang memang dikenal hobi berkebun ini.

Kedepan memang menurutnya perlu dirumuskan strategi penguatan sektor pertanian ini melalui manajemen pertanian secara terpadu dengan memperhatikan pemetaan potensi masing-masing wilayah, termasuk penguatan kapasitas penyuluh pertanian yang ada. Diakhir acara, sebagai bentuk dukungan moral untuk penguatan sektor pertanian, diserahkan bibit durian Bawor oleh KTNA Rendang I Gst Aji Alit petani andalan dari Br. Palak, Besakih diterima Ketua DPRD I Gede Dana.