Terkait Vaksinasi Covid-19, Wabup Suiasa Harapkan Prajuru Desa Adat Data Pedagang di Pasar | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 15 April 2021
Diposting : 8 March 2021 14:57
I Made Darna - Bali Tribune
Bali Tribune / PRAJURU - Wabup Suiasa saat menerima audiensi Prajuru Desa Adat Sempidi, Prajuru Desa Adat Mengwi, Perwakilan Prajuru Desa Adat Kapal serta Desa Adat Dalung di Puspem Badung, Sabtu (6/3).

balitribune.co.id | MangupuraTerkait dengan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Badung terus menyasar para pedagang di pasar tradisional. Untuk itu Pemkab Badung akan menyiapkan tenaga, menyiapkan jumlah vaksin, sedangkan kepada prajuru desa adat diharapkan agar menyiapkan data untuk para pedagang di masing-masing pasar itu sendiri. 

Demikian disampaikan Wabup Suiasa didampingi Kadis Kesehatan dr I Nyoman Gunarta saat menerima audensi Prajuru Desa Adat Sempidi, Prajuru Desa Adat Mengwi, Perwakilan Prajuru Desa Adat Kapal serta Desa Adat Dalung, bertempat di Rumah Jabatan Wakil Bupati di Puspem Badung, Sabtu (6/3). Acara turut dihadiri oleh Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Camat Kuta Utara I Putu Eka Permana serta Perbekel Dalung I Gede Putu Arif Wiratya.

Lebih lanjut Wabup Suiasa menyampaikan pada hari Senin pelaksanaan vaksinasi akan menyasar Pasar Sempidi, Pasar Kapal, Pasar Mengwi serta Pasar Dalung.

“Kepada prajuru desa adat semuanya agar menyiapkan jumlah penduduk, disamping itu agar menyiapkan tempat untuk melakukan vaksin di masing-masing kecamatan yang terdekat dengan pasar itu sendiri disertai adanya jaringan Wifi di masing-masing kecamatan,” katanya, seraya berharap prajuru desa agar menyosialisasikan kepada para pedagang di pasar itu sendiri agar mau divaksin serta menyiapkan foto copy KTP.

Suiasa juga menjelaskan, kebijakan Pemerintah Kabupaten Badung terhadap pemberian vaksin yakni pertama kepada tenaga kesehatan sudah berjalan sesuai target, di tahap ke II sasaran vaksinasi diberikan kepada Perangkat Daerah di Pemkab Badung dimana  yang baru mendapatkan vaksin antara lain Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Perhubungan, Dinas Perijinan, Dinas Catatan Sipil, Badan Pendapatan Daerah, Petugas Hukum, Kejaksaan Negeri, Dewan, tenaga pariwisata dan transportasi umum sebanyak 5.459 orang.

“Lansia baru sekarang, dan sekarang vaksin akan diarahkan ke pasar yang sudah berjalan di daerah Bualu dan Jimbaran. Khusus daerah Selatan melalui pemerintah pusat agar menjadi zona hijau dan pariwisata bisa kembali dibuka,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan dr I Nyoman Gunarta melaporkan, terkait teknis pelaksanaan vaksinasi terhadap pedagang di pasar sudah berjalan di 2 tempat di daerah Bualu dan Jimbaran.

“Terkait dengan pembagian vaksin, kami dari Dinas Kesehatan terus memantau ke Puskesmas di masing-masing wilayah dan sudah berjalan dengan baik. Untuk itu sasaran Puskesmas di tahap ke 2 yakni para lansia, tokoh adat beserta dinas, tokoh masyarakat, serta tokoh agama yang akan dihubungi oleh Puskesmas di masing-masing wilayah,” katanya, seraya mencontohkan di wilayah Kekeran sudah dilakukan vaksinasi kepada lansia dan bendesa adat.

Lebih lanjut dijelaskan untuk di RSD Mangusada sudah berjalan vaksinasi untuk para lansia, dengan kesepakatan tim RSD Mangusada khusus akan menggunakan vaksin kepada para lansia yang mempunyai masalah seperti gula darah, hipertensi, suhu yang berlebihan.

“Kepada para pedagang pasar kami perlu data berapa jumlah pedagang yang ada di pasar itu sendiri, beserta petugas pasar,” katanya, seraya berharap prajuru desa semuanya untuk memberikan data sasaran yang nantinya akan dijadwalkan untuk divaksin di masing-masing pasar.

Hukum & Kriminal

Terpopuler