Ternak Sapi Untungkan Pemerintah | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 28 November 2021
Diposting : 2 May 2016 15:01
Arta Jingga - Bali Tribune
KANDANG SAPI – Wabup Tabanan I Komang Gede Sanjaya menghadiri pemlaspasan kandang ternak sapi di Desa Batungsel, Pupuan, Sabtu (30/4).

Tabanan, Bali Tribune

Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menghadiri pemlaspasan kandang ternak sapi di Desa Batungsel, Pupuan, Sabtu (30/4). Kandang ini bisa menampung sedikitnya 60 ekor sapi. “Ini adalah usaha yang sangat positif dan sangat membantu pemerintah di dalam rencana pembangunan ke depannya. Usaha ternak sapi ini, tidak hanya menguntungkan pemerintah, melainkan akan sangat membantu masyarakat disekitar,” ujar Sanjaya.

Kata Sanjaya, pakan ternak tidak akan menjadi kendala melihat potensi alam di Desa Batungsel, tinggal bagaimana caranya harus ada hubungan timbal balik antara pengusaha dan masyarakat. Sehingga ke depannya bukan saja bisa meningkatkan perekonomian, namun juga bisa meningkatkan produktivitas masyarakat di Desa Batungsel serta pertanian di Tabanan.

Ketua Panitia I Komang Adi Anjaya mengatakan, pembangunan kandang sapi ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi produktif di masyarakat. Pembangunan ini menghabiskan dana kurang lebih Rp 1 Miliar dan bisa menampung sedikitnya 60 ekor ternak sapi. Mengenai bibit ternak dipilih sapi lokal, pakan menggunakan yang ada di pasaran serta pakan lokal seperti kulit kakao dan ampas kopi. Kotoran sapi akan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat dan petani, yakni untuk biogas dan pupuk organik (kompos).

Hukum & Kriminal

Terpopuler