Tim Gabungan Periksa Warga Pendatang dan Kendaraan Masuk Badung di Terminal Mengwi | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 22 September 2021
Diposting : 3 June 2020 20:52
I Made Darna - Bali Tribune
Bali Tribune / PEMERIKSAAN - Tim gabungan saat melakukan pemeriksaan setiap warga pendatang dan seluruh kendaraan yang masuk Badung di Terminal Mengwi, Rabu (3/6).
balitribune.co.id | Mangupura - Tim gabungan dari TNI/Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan  Kabupaten Badung dan Kota Denpasar memeriksa setiap warga pendatang dan kendaraan yang masuk wilayah Kabupaten Badung di Terminal Mengwi, Rabu (3/6). Operasi gabungan ini untuk memastikan bahwa warga dan kendaraan yang masuk ke Badung dan Kota Denpasar dilengkapi dengan surat-surat lengkap. Ini sesuai dengan surat edaran Gubernur Bali bahwa semua warga yang masuk Bali harus diperiksa secara ketat. Kegiatan ini juga diharapkan bisa menyaring arus balik ke Pulau Dewata lewat jalur darat.
 
Operasi dipimpin langsung  Kabag Ops Polres Badung Kompol I Wayan Suana, SH. 
 
“Yang jelas kegiatan ini guna memberikan rasa aman bagi pengendaran dan  mencegah penyebaran Covid-19 dari para pemudik,”  ujarnya disela-sela kegiatan.
 
Mengenai jumlah pelanggar, Kompol Wayan Suana menyebut dari ratusan kendaraan yang dirazia tidak satupun ditemukan pelanggaran.
 
"Dari ratusan yang kita periksa yidak didapat warga yang tidak melengkapi identitas maupun persyaratan sesuai SE Gubernur," katanya.
 
Hanya beberapa diakui belum mengenakan masker. Dan itupun langsung diberikan peringatan dan dibagikan masker.
"Bagi yang tidak pakai masker kami sudah berikan peringatan dan berikan masker'" timpal Kasat Lantas Iptu Acmad Fahmi Adiatma, SIK.
 
Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Badung, AA Rai Yuda Dharma menegaskan bahwa operasi gabungan dari Satgas Operasi  Gugus Tugas Percepatan Penanganan  Covid -19 dengan sasaran operasi kendaraan umum dan pribadi. Jika diketemukan tidak membawa surat keterangan bebas Covid -19 maka dikembalikan ke rumah asalnya masing-masing.
 
"Kita saring kembali di Terminal Mengwi, jika ada yang lolos dari hulu (pelabuhan Gilimanuk), kita dikoordinasikan untuk dikembalikan ke pelabuhan Gilimanuk", katanya sembari menambahkan bahwa tim medis yang terlibat dalam operasi ini juga telah menyiapkan rapid test bagi warga pendatang yang tidak mengantongi surat keterangam bebas Covid-19.
 
"Yang kami periksa mereka bawa bukti rapid test atau tidak. Kemudian di Bali tujuannya kemana dan apakah ada orang yang menjamin," tukas Yudha Darma.

Hukum & Kriminal

Terpopuler