Diposting : 5 March 2020 22:23
Bernard MB - Bali Tribune
Bali Tribune/ Pertemuan Program BANGGA KENCANA bagi pengelola Kampung KB di tingkat Desa/Kelurahan di Denpasar, Rabu (4/3).
Balitribune.co.id | Denpasar - Perwakilan BKKBN Provinsi Bali menggelar Pertemuan Program BANGGA KENCANA (Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana) bagi pengelola Kampung KB di tingkat Desa/Kelurahan di Denpasar, Rabu (4/3). 
 
Plt. Kepala BKKBN Provinsi Bali I Made Arnawa, SH dalam sambutannya, mengatakan pertemuan program BANGGA KENCANA merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dan strategis dalam program Bangga Kencana bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Kampung KB. "
 
Sebagaimana yang kita ketahui, pembentukan Kampung KB merupakan tindak lanjut dari arahan Bapak Presiden RI agar manfaat dari program BANGGA KENCANA dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat, terutama mereka yang berada di daerah miskin, padat penduduk, pesisir, kumuh, tertinggal dan terpencil di seluruh wilayah tanah air”, ucapnya.
 
Dikatakan Made Arnawa, pembentukan kampung KB adalah dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat yang tidak dapat dilaksanakan secara parsial dan sektoral. "Peningkatan kualitas hidup harus dilakukan secara terintegritasi oleh komponen terkait. Indikator yang dapat dijadikan alat ukur kualitas masyarakat adalah dengan menggunakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terdiri dari pendidikan, kesehatan dan standar hidup layak. Sehingga kampung KB merupakan wadah bersama lintas sektor untuk mendekatkan pelayanan masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat," ujarnya.
 
Salah seorang narasumber, IB Wibawa yang merupakan Lurah Loloan Timur, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana menyampaikan, capaian Kampung KB di wilayahnya sangat mendorong kualitas masyarakat di Kelurahan Loloan Timur. 
 
"Program Kampung KB ini sangat mendorong kelurahan kami, terdapat banyak pembinaan yang difasilitasi secara langsung oleh penyuluh KB sehingga kami dapat melihat potensi-potensi di kelurahan kami," katanya.