Tips Berbonceng Perjalanan Jauh Ala Astra Motor Bali | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 17 Juni 2024
Diposting : 22 May 2023 04:12
HEN - Bali Tribune
Bali Tribune / TIPS - Sebaiknya tangan penumpang/boncenger dalam keadaan memeluk ringan pinggang pengendara atau memegang jaket pengendara untuk menambah kestabilan saat manuver.
balitribune.co.id | BERKENDARA jarak jauh menggunakan motor sambil berboncengan memang hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Kegiatan yang sering dilakukan seperti touring atau melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor.
 
Untuk membuat perjalanan menjadi nyaman saat berboncengan, maka perlu diperhatikan hal-hal yang membuat aman pengendara. Berikut tips berboncengan jarak jauh.
 
1. Sebelum melakukan aktivitas perjalanan jauh, penumpang dan pengendara sebaiknya mendiskusikan rute tujuan, spot berhenti, dan kondisi rute yang akan dilalui.
2. Memastikan pengendara dan penumpang cukup istirahat sebelum melakukan perjalanan jauh Disarankan membawa perlengkapan pribadi secukupnya
3. Memastikan penumpang/boncenger tidak menggunakan ponsel atau hal hal yang membuat menggangu konsentrasi saat berkendara.
4. Sebaiknya tangan penumpang/boncenger dalam keadaan memeluk ringan pinggang pengendara atau memegang jaket pengendara untuk menambah kestabilan saat manuver.
5. Ketika ada kondisi pengereman mendadak, segeralah penumpang/boncenger menjepit pinggul pengendara dengan lutut agar badan penumpang tidak terbawa kedepan dan membebani pengendara.
6. Pastikan kaki penumpang selalu berada di pijakan penumpang untuk keamanan dan keseimbangan.
7. Penumpang/boncenger wajib menanyakan kondisi pengendara untuk mengetahui keadaan terkini sang pengendara.
8. Apabila ada informasi penumpang merasa kelelahan, sebaiknya beristirahat sejenak karena biasanya penumpang cenderung lebih cepat merasa lelah daripada pengendara, 
 
Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius, selalu mengingatkan untuk #Cari_Aman saat berkendara menggunakan sepeda motor. Rute jauh merupakan tantangan tersendiri ketika perjalanan touring apalagi sambil berboncengan. Untuk itu penting bagi kita untuk memperhatikan berbagai elemen melakukan perjalanan berboncengan dengan sepeda motor.
 
"Konsentrasi tinggi tentunya sangat dibutuhkan apalagi tidak jarang terkadang saat touring ada kecenderungan ingin melakukan percakapan ringan atau bersenda gurau dengan pembonceng. Selain itu perlu diperhatikan agar tidak membawa barang bawaan yang berlebihan untuk keleluasaan baik pengendara maupun pembonceng,beber Yosepth Klaudius.