Tips Merawat Mobil Tua | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 20 Oktober 2020
Diposting : 7 September 2020 02:23
Hendrik B Kleden - Bali Tribune
Bali Tribune/ Perlu perlakuan khusus merawat mobil tua.
 
Balitribune.co.id | MEMILIKI mobil berusia lebih dari 10 tahun, perlu perhatian ekstra agar penggunaanya bisa sebaik mobil yang lebih muda. Berikut ini beberapa tipsnya:
Percepat penggantian oli. Untuk memberi perlidungan ekstra pada mesin mobil yang berumur lebih dari 10 tahun, sebaiknya penggantian oli dilakukan setiap 2.500 km. Hal ini dapat meringankan beban kinerjanya, terutama saat putaran tinggi, selain juga dapat mencegah timbulnya deposit di sekitar mesin. Dan, tingkat emisi pun dapat lebih ditekan. Agar proteksinya maksimal, sebaiknya,gunakan jenis kekentalan oli yang SAE 10- 40 W atau 15-40 W. 
 
Perhatikan kabel. Gantilah kabel–kabel yang sudah getas dengan yang baru. Karena, kabel getas dapat menyebabkan korsleting di sekitar mesin, atau mengakibatkan mesin tidak dapat dihidupkan. Kerusakan itu juga dapat menyebabkan timbulnya percikan di permukaan kabel, yang dapat menimbulkan kebakaran.
 
Perhatikan bagian kaku-kaki. Penting untuk menjaga agar kondisi kaki–kaki mobil berusia tua selalu dalam keadaan prima. Seperti pada bagian ball joint, tie rod, bushing arm, suspensi, dan karet stabilizer. Ini juga salah satu cara untuk mencegah terjadinya bunyi yang tidak Anda inginkan di sekitar bagian chasis mobil Anda.
 
Gunakan cover untuk jok. Untuk memperpanjang umurnya, tutuplah jok asli mobil dengan cover jok yang cukup tebal. Hal ini akan menghindari efek dari tumpahnya kotoran yang mudah menodai jok, dan menjaga agar jahitan di sekitarnya tidak mudah lepas. Untuk meningkatkan kinerja mesin mobil, sebaiknya ring seher yang sudah lemah atau berkerak diganti dengan yang baru. Jika tidak, maka aliran bensin menjadi tidak lancar, serta suara mesin menjadi kasar. Hal tersebut dapat mengakibatkan kepincangan di sekitar mesin, atau putarannya jadi tersendat-sendat akibat pasokan bahan bakar menjadi tidak optimal.
 
Pakailah cover. Agar catnya tidak cepat pudar, sebaiknya lindungi mobil dengan cover mobil, terutama jika Anda sering memarkirnya di luar garasi. Dengan demikian, ini dapat mencegah mobil terkena getah pohon atau kotoran yang mungkin bisa sulit untuk dibersihkan.