Diposting : 21 May 2020 06:30
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
Bali Tribune / Juru Bicara Gugus Tugas Percapatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai
balitribune.co.id | DenpasarPenambahan kasus positif Covid-19 transmisi lokal kembali terjadi di Kota Denpasar. Setelah sehari sebelumnya seorang ibu berusia 49 tahun yang berdomisili di Kelurahan Kesiman dinyatakan Positif Covid-19, kali ini sang anak yang berjenis kelamin perempuan berusia 10 tahun juga dinyatakan positif tertular Covid-19. 
 
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat dikonfirmasi, Rabu (20/5) membenarkan informasi adanya penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 1 orang dan kasus ini merupakan kasus transmisi lokal. “Baru saja kami mendapatkan laporan bahwa ada penambahan kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar sebanyak 1 orang anak berjenis kelamin perempuan usia 10 tahun,” terangnya.
 
Dikatakan pasien terbaru ini merupakan anak dari seorang ibu asal Kelurahan Kesiman yang sebelumnya telah terlebih dahulu dinyatakan positif Covid-19. "Jadi karena ada pasien seorang ibu positif Covid-19, tim langsung melakukan tracking terhadap keluarganya. Dari tracking tersebut ditemukan 19 orang dalam satu keluarga yang sempat kontak langsung dengan pasien. Terhadap 19 orang ini telah dilakukan swab tes," ujarnya.
 
Terkait hasil swab tes terhadap 19 orang ini, kata Dewa Rai baru keluar hasilnya sebanyak dua orang, yakni suami dari pasien dan anaknya. Sang suami hasil tes swabnya negatif, sementara sang anak hasilnya positif covid-19. "Hasil tes swab suaminya negatif, sedangkan anaknya hasilnya positif covid-19. Sementara sisanya hasilnya belum keluar," ujar Dewa Rai. 
 
Dikatakan, terkait penanganan sang ibu dan anak, kini keduanya telah dilakukan perawatan di RSUP Sanglah. "Untuk sang ibu dan anaknya sudah dirawat di RSUP Sanglah," ujarnya. Ditanya apa benar sang ibu merupakan pegawai administrasi di RSUP Sanglah, Dewa Rai membenarkannya. "Informasi yang kami terima begitu," ujar Dewa Rai. 
 
Lebih lanjut dijelaskan Dewa Rai, dengan tambahan kasus ini, maka angka kasus  akumulatif covid-19 di Kota Denpasar sebanyak 72 kasus positif. Rinciannya adalah 54 sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 16 orang masih dalam perawatan.
 
Sampai saat ini hasil tracking tim gugus tugas di Kota Denpasar secara akumulatif terdapat status Orang Tanpa Gejala (OTG) 440 kasus, namun 110 dinyatakan sehat setelah isolasi mandiri, sehingga tersisa 330 OTG. Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara akumulatif tercatat 303 kasus, namun sudah menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan sehat sebanyak 241, sehingga masih tersisa 62 ODP. Dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara akumulatif sebanyak 51 kasus, namun 21 orang sudah dinyatakan negatif setelah menjalani Swab Test, sehingga tersisa 30 status PDP.  
 
Melihat perkembangan kasus  ini Dewa Rai  mengingatkan agar masyarakat senantiasa waspada. "Masyarakat harus lebih waspada dan mengikuti arahan pemerintah serta protokol kesehatan. Diperlukan kesadaran dan kedisiplinan semua elemen masyarakat dalam memutus mata rantai covid-19. Mari bersama-sama kurangi perjalanan atau aktivitas di luar rumah dan kontak langsung dengan orang lain, karena kita tidak mengetahui siapa yang membawa virus atau tidak, untuk itulah diperlukan kesadaran dan disipilin semua pihak," kata Dewa Rai mewanti wanti.