Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Trisno Nugroho Sebut Pentingnya Peran Media Dalam Penyampaian Kebijakan BI ke Masyarakat.

Bali Tribune / Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho (tengah).

balitribune.co.id | SingarajaDalam penulisan berita ekonomi publik jangan dibuat bingung dengan timbunan data dan angka-angka. Berita yang baik harus membuat angka dan data berbicara dengan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna, membumi dan berkaitan langsung dengan kepentingan khalayak pembaca. Selain itu yang menjadi narasumber dalam tulisan berita ekonomi khususnya yang terkait dengan angka dan data harus yang berkompeten. Hal itu terungkap ketika Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi mengadakan “Capacity Building” yang dikemas dalam acara media gathering di Buleleng, Kamis (7/10). Kegiatan Capacity Buiding dilaksanakan dari tanggal 7 hingga 9 Oktober 2021 diikuti 31 media massa yang berkedudukan di Bali dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali memandang penting peran media terhadap penyampaian informasi ke masyarakat terkait kebijakan, tugas dan fungsi pokok Bank Indonesia. Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, disela kegiatan. “Beberapa tugas utama Bank Indonesia seperti menjaga nilai tukar rupiah agar stabil dan menjaga stabilitas moneter harus tersampaikan kepada masyarakat dengan diksi dan bahasa yang mudah dipahami dan sederhana,” sebutnya. Jika masyarakat memahami kata dan data yang disajikan dalam bentuk berita, diharapkan tidak ada salah penafsiran nantinya.

Trisno Nugroho berharap dengan adanya kegiatan peningkatan kapasitas seperti ini, para wartawan lebih bisa menyederhanakan informasi terkait Bank Indonesia. Artinya penyederhanaan bukan berarti menghilangkan data dan fakat.

Kegiatan capacity buiding kali ini menghadirkan dua narasumber yang berkompeten di bidang penyajian berita untuk menambah wawasan para wartawan  peserta capacity building. Kedua narasumber tersebut yaitu, Edy M. Yakub, Kepala LKBN Antara Provinsi Bali selaku pemateri pertama menyampaikan pengelolaan isu terkait ekonomi dalam pemberitaan. Sedangkan materi kedua tentang membaca dan membahasakan data BI disampaikan Kepala Perwakilan Media Bisnis Indonesia Provinsi Bali, Feri Kristianto.

wartawan
ARW
Category

Berlangsung Meriah, Telkomsel Ikut Semarakan Denpasar Festival ke-18

balitribune.co.id | Denpasar - Telkomsel turut berpartisipasi pada event Denpasar Festival ke-18 sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kegiatan budaya sekaligus menghadirkan pengalaman layanan terbaik bagi masyarakat. Kehadiran Telkomsel pada perhelatan tahunan ini diwujudkan melalui booth pelayanan pelanggan yang siap melayani berbagai kebutuhan pengunjung selama acara berlangsung.

Baca Selengkapnya icon click

Tiga Langkah Kecil Pastikan Liburan Tahun Baru Masih Masuk ke Rencana Keuangan

balitribune.co.id | Denpasar - Berdasarkan data OCBC Financial Fitness Index 2025, hanya 12% menggunakan uang sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan di awal tahun. 82 persennya menganggap anggaran hanyalah angan-angan. 76 persen anak muda masih habiskan uang demi ikut gaya hidup satu sama lain. Meskipun turun dari 80 persen, angka ini masih tergolong tinggi.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Desa Wisata di Bali Berhasil Raih Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan Tahun 2025

balitribune.co.id | Denpasar - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) mengumumkan pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan. Pada tahun 2025 ini, Kemenpar RI berkolaborasi dengan salah satu bank swasta mensertifikasi 10 desa wisata di Indonesia.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Astra Motor Bali Hadirkan Servis Gratis Honda di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung Jelang Nataru

balitribune.co.id | Denpasar – Menyambut perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), Astra Motor Bali kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan prima kepada konsumen setia Honda melalui program Servis Gratis Honda. Layanan ini berlangsung mulai 22 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung, Denpasar.

Baca Selengkapnya icon click

PascaBanjir di Bali, Zurich Menerima Pengajuan Klaim Rp 30 Miliar Lebih

balitribune.co.id | Denpasar - PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) telah menerima laporan klaim atas lebih dari 140 polis dengan estimasi total kerugian mencapai lebih dari Rp 30 miliar terkait bencana di Bali tersebut. Sebagian besar klaim berasal dari lini asuransi properti, disusul oleh lini kendaraan bermotor.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.