Turunkan Angka Stunting, BKKBN Uji Coba Aplikasi Elsimil | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 28 Oktober 2021
Diposting : 21 September 2021 12:36
RAY - Bali Tribune
Bali Tribune/ Uji coba aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil) di Balai Banjar Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Jumat (16/9) pekan silam.
balitribune.co.id | Denpasar  - BKKBN RI bersama perwakilan BKKBN provinsi Bali melakukan uji coba aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil) di Balai Banjar Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Jumat (16/9) pekan lalu.
 
Kegiatan dilakukan dengan protokol Kesehatan yang ketat ini merupakan strategi pencegahan stunting dari hulu dengan screening edukasi kesehatan reproduksi dan gizi serta pendampingan bagi calon pengantin.
 
Direktur Bina Ketahanan Remaja, dr. Victor Palimbong dalam mengatakan, BKKBN sebagai lembaga yang bertanggungjawab dalam penanganan penurunan stunting sedang membangun aplikasi. Aplikasi tersebut nantinya berfungsi sebagai alat screening untuk mendeteksi faktor resiko pada catin, menghubungkan catin dengan petugas pendamping, media edukasi tentang kesiapan menikah dan hamil terutama yang terkait dengan faktor resiko stunting. "Tentunya untuk mendukung percepatan penurunan stunting, maka saat ini kami membangun aplikasi elektronik siap nikah dan jamil (Elsimil) yang nantinya akan mempermudah calon pengantin (catin) dalam kesiapan berumah tangga," ungkapnya.   
 
Konsultan Ahli Kedeputian KSPK, dr. Riyo Kristian Utama juga menambahkan, salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya stunting adalah menikah di usia dini. 
 
Oleh karena itu perlunya edukasi bagi remaja tentang bagaimana menyusun perencanaan yang baik untuk mempersiapkan keluarga yang berkualitas.
 
“Melalui aplikasi Elsimil ini kita dapat melakukan screening awal untuk memastikan setiap calon pengantin berada dalam kondisi ideal untuk menikah dan hamil. Setelah screening awal kemudian dilanjutkan dengan pendampingan kesiapan menikah dan hamil pada catin yang terdiri dari Bidan, Kader PKK dan Kader IMP," jelasnya.
 
Asisten I Sekda yang mewakili Bupati Kabupaten Tabanan, Anak Agung Ngurah Agung Satria Tenaya mengungkapkan rasa terima kasih kepada BKKBN karena telah memberikan kesempatan untuk menjadi tuan rumah dalam uji coba aplikasi Elsimil.
 
“Saya harapkan setelah uji coba yang dilakukan akan dapat menambah kualitas aplikasi Elsimil ini, sehingga bisa dijalankan dengan lebih presisi sesuai kondisi faktual di masing-masing daerah utamanya di Provinsi Bali, yang tentunya untuk mewujudkan percepatan penanganan stunting," ujarnya. 
 
Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, I Made Arnawa, SH, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Dr. dr. Brian Sri Prahastuti, MPH, dan Kepala Dinas P3AP2KB Kab Tabanan, dr. Ni Luh Gede Sukardiasih, M.For, MARS.
 
Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan vitamin oleh Tenaga Ali Utama Kantor Staf Presiden kepada Asisten 1 Sekda yang nantinya akan diberikan kepada calon pengantin pada saat pendampingan keluarga. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler