Untuk Peningkatan Kemampuan SDM, Buleleng Akan Bangun Balai Besar Latihan Kerja | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 21 September 2021
Diposting : 30 March 2021 04:53
Chairil Anwar - Bali Tribune
Bali Tribune/ RESMIKAN - Anggota Komisi IX DPR RI Ketut Kariyasa Adnyana resmikan Gedung BLK KCPB, Senin (29/3).
balitribune.co.id | Singaraja - Anggota Komisi IX DPR RI Ketut Kariyasa Adnyana memastikan di tahun 2021 ini Buleleng akan memiliki Balai Besar Latihan Kerja (BBLK). Adanya BBLK diharapkan akan memicu tenaga kerja terampil dan terdidik. Terlebih keberadaan BBLK itu merupakan program dari Kementerian Tenaga Kerja RI.
 
Kariyasa Adnyana menyampaikan itu saat meresmikan Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Cahya Permata Bali dengan Kejuruan Tata Rias, di Desa Selat, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Senin (29/3). Dalam peresmian BLK Komunitas Cahya Permata Bali Kejuruan Tata Rias di Desa Selat, juga dihadiri oleh Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, sejumlah anggota DPRD Buleleng Fraksi PDI Perjuangan, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Buleleng, Camat Sukasada, dan Perbekel Desa Selat, Putu Mara. "Rencananya di tahun 2021 akan dibangun BBLK di Buleleng. Dari Kementerian sudah turun untuk melakukan survey lokasi di wilayah Buleleng Barat (Kecamatan Gerokgak) karena disana kan ada tanah Pemprov," ujar Kariyasa Adnyana.
 
Menurutnya, sudah ada 8 BLK Komunitas yang ia bawa ke Bali dalam tahun anggaran 2020, dan 6 BLK diantaranya ada di Buleleng. Keberadaan BLK ini sangat penting, untuk peningkatan kualitas SDM yang memiliki keahlian khusus. Kariyasa Adnyana juga menegaskan, sebagai satu-satunya Kader PDI Perjuangan Anggota DPR asal Bali yang membidangi ketenagakerjaan di pusat memiliki target terkait peningkatan kemampuan SDM masyarakat di Buleleng khususnya. "Ini adalah kerja politik jangka panjang. Saya mengajak semua pihak untuk bersama - sama bangun SDM di Buleleng yang lebih baik," ucapnya.
 
Perwakilan Ketua Yayasan Cahya Permata Bali Putu Mangku Budiasa yang juga anggota DPRD Buleleng ini mengaku bersyukur dengan adanya BLK di desa Selat. Mangku Budiasa yakin, keberadaan BLK ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga Desa Selat serta Buleleng pada umumnya.