Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual di Makodam | Bali Tribune
Diposting : 2 October 2020 02:46
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/ Upacara Hari Kesaktian Pancasila secara virtual di Aula Makodam IX/Udayana, Denpasar, Kamis (1/10).
Balitribune.co.id | Denpasar - Didampingi para perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen), Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila secara virtual yang digelar di Aula Makodam IX/Udayana, Denpasar, Kamis (1/10).
 
Upacara yang dipusatkan di halaman Monumen Pancasila Sakti, Kompleks Lubang Buaya, Jakarta Timur, tersebut dipimpin Presiden RI Ir H Joko Widodo, selaku Inspektur Upacara (Irup). Dengan mengusung tema "Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila".
 
Pelaksanaan upacara kali ini sangatlah jauh berbeda dengan pelaksanaan upacara serupa di tahun-tahun sebelumnya. Dimana hanya dihadiri oleh beberapa pejabat dalam jumlah sangat tetbatas dan diikuti secara virtual oleh sejumlah pejabat lainnya dari kantornya masing-masing.
 
Diawali dengan menyanyikan lagu "Indonesia Raya", dilanjutkan dengan penghormatan dan laporan Komandan Upacara Kolonel Kal Eri Ahmad Harahap, ST, MM, kepada Presiden RI, yang memimpin pelaksanaan saat mengheningkan cipta untuk para pahlawan pejuang kemerdekaan Indonesia dari podium upacara.
 
Pembacaan teks Pancasila dilakukan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan pembacaan Naskah UUD 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti. Sedangkan Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan ikrar serta menandatanganinya, dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK RI) Muhadjir Effendi didaulat membacakan doa untuk kebaikan bangsa Indonesia.
 
Meski dilakukan secara virtual, namun pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Aula Makodam IX/Udayana yang digelar secara sederhana berlangsung tertib dan khidmat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Turut hadir mendampingi Kasdam antara lain, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam dan para Para Asisten Kasdam IX/Udayana, serta beberapa Komandan/Kepala Balakdam IX/Udayana. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler