Upayakan Alat Gasifier | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 07 Agustus 2020
Diposting : 14 July 2020 07:01
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ PANTAU - Bupati Suwirta pantau tempat pemindangan ikan di Kusamba.
Balitribune.co.id | Semarapura - Usai mengunjungi TOSS Center, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melanjutkan kunjungannya untuk memantau proses pemindangan di yang berada di wilayah Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Senin (13/7) siang. 
 
Dalam kunjungannya itu, Bupati Suwirta melihat tumpukan kayu bakar di tempat pemindangan ini sangat banyak yang akhirnya membuat pemandangan menjadi sumpek, kumuh kemudian setelah dibakar juga terlihat mengeluarkan asap yang luar biasa. Tentu hal ini membuat kesehatan para pemindang tidak bisa kita jamin karena asap yang dikeluarkan cukup banyak. "Oleh sebab itu, terkait TOSS Center yang kita miliki dan sekarang sudah menghasilkan pelet yang begitu banyak. Saya sudah tugaskan STPLN untuk segera membuat alat gasifier yang lebih besar, sehingga para pemindang bisa menggunakan gas yang dihasilkan oleh gasifier itu sendiri untuk mengolah ikan di tempat ini," ujar Bupati Suwirta.
 
Menurut Bupati Suwirta gasifier itu bahan bakarnya menggunakan sampah yang sudah diolah menjadi pelet. Jadi pelet yang dihasilkan dari TOSS Center nanti akan dibuatkan gasifier ditempat ini untuk digunakan sebagai alat pengganti bahan bakar, sehingga nantinya asap maupun sampah bisa berkurang dan tentu sirkulasi pengolahan sampah ini juga bisa berjalan dengan baik.