Urus Tata Kelola Kerasipan, Canangkan GNSTA | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 12 Agustus 2020
Diposting : 25 May 2018 22:29
Khairil Anwar - Bali Tribune
GNSTA
CANANGKAN - Pemkab Buleleng mencanangkan GNSTA untuk meningkatkan tata kelola kearsipan, Kamis (24/5).

BALI TRIBUNE - Pemkab Buleleng mencanangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) untuk meningkatkan tata kelola kearsipan. GNSTA sendiri merupakan gerakan yang dipelopori oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan telah mendapat dukungan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur. 

Ada tiga dasar yang menjadi tujuan pencangan tersebut, yakni, membangun kesadaran pentingnya mengelola arsip, membangun penyelenggaraan tertib arsip, menyelamatkan arsip di seluruh lembaga. Acara yang digelar, Kamis (24/5) tersebut dibuka oleh Kepala ANRI Dr. Mustari Irawan, dihadiri Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra, FKPD Kabupaten Buleleng, Camat se-Kabupaten Buleleng, Kepala Desa/lurah se-Kabupaten Buleleng, dan Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng Drs. I Putu Artawan mengatakan,pencanangan GNSTA ini untuk pembenahan di berbagai aspek seperti kebijakan, organisasi, serta Sumber Daya Manusia (SDM) kearsipan, sarana dan prasarana, pengelolaan arsip, dan pendanaan di bidang kearsipan. Putu Artawan menjelaskan peserta kegiatan ini diikuti oleh semua pimpinan SKPD dan perbekel/lurah se-Kabupaten Buleleng.

Wabup Sutjidra mengaku memberikan apresiasi atas pencanangan GNSTA itu. Menurutnya, GNSTA ini merupakan gerakan yang sangat baik karena arsip juga merupakan bukti otentik jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. Sutjidra mengatakan, GNSTA juga bisa mewujudkan trasnparansi dalam sebuah program pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Ia mengaku telah memerintahkan semua SKPD, Kecamatan, dan desa untuk memiliki arsip yang baik.

Kepala ANRI Dr. Mustari Irawan mengatakan, untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen terhadap pentingnya pengelolaan arsip, GNSTA perlu dilakukan di seluruh Pemerintah Daerah dengan harapan arsip dapat berperan membantu masalah yang dihadapi oleh bangsa. Karena katanya, arsip secara nyata dan berkelanjutan memberikan dukungan dan kelancaran keseluruhan proses manajemen organisasi.