Vakum 8 Tahun, Porsebank Bali 2022 Kembali Digelar | Bali Tribune
Diposting : 2 July 2022 16:37
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / Wakil Gubernur Bali Cok Ace membuka secara resmi Pekan Olah Raga dan Seni Perbankan (Porsebank) Bali 2022di Halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Sabtu 2 Juli 2022 (Saniscara Wage Wuku Medangsia).
balitribune.co.id | Denpasar - Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengapresiasi penyelenggaraan Pekan Olah Raga dan Seni Perbankan (Porsebank) Bali 2022 yang secara resmi dibuka di Halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Sabtu 2 Juli 2022 (Saniscara Wage Wuku Medangsia).
 
Wagub Cok Ace berharap kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT BI ke-69 ini menjadi media komunikasi dan interaksi jajaran perbankan. “Dalam kegiatan semacam ini, juara bukanlah satu-satunya tujuan. Yang lebih penting adalah acaranya berjalan sukses dan lancar,” ucapnya. Lebih dari itu, Porsebank hendaknya menjadi media bagi pelaku perbankan dalam membangun sinergi dan kolaborasi dalam menyelesaikan tugas yang berkaitan erat  dengan aspek ekonomi.
 
Masih dalam sambutannya, Guru Besar ISI Denpasar ini menyebut Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Trisno Nugroho sebagai sosok luar biasa yang bisa menyelenggarakan kembali kegiatan ini setelah delapan tahun vakum. “Ini luar biasa, awalnya saya pikir, Porsebank ditiadakan karena pandemi Covid-19. Namun ternyata sudah vakum selama 8 tahun,” imbuhnya sembari berharap agar kedepannya kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan. 
 
Pada bagian lain, Wagub Cok Ace secara khusus menyampaikan terima kasih kepada BI dan seluruh jajaran perbankan karena telah berupaya keras mengawal pertumbuhan ekonomi Daerah Bali. Ia cukup lega karena pada kwartal pertama di tahun 2022, ekonomi Bali tumbuh positif 1,46 persen. Namun menurutnya angka itu masih jauh di bawah rata-rata angka pertumbuhan sebelum pandemi yaitu sebesar 5,6 persen. “Saat ini Bali juga masih tertahan di rangking 32 di antara seluruh provinsi di Indonesia. Berkolaborasi dengan seluruh komponen, pemerintah terus berupaya mencari solusi dan kebijakan yang mampu mempercepat pemulihan perekonomian Bali,” bebernya.
 
Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Trisno Nugroho menjelaskan  bahwa kegiatan Porsebank 2022 merupakan sumbangsih jajaran perbankan untuk percepatan pemulihan Bali. Setelah sempat delapan vakum, ia berharap ke depannya Porsebank bisa menjadi event dua tahunan. Trisno Nugroho yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Musyawarah Perbankan Bali (BMPB) menambahkan, kegiatan ini melibatkan 37 kontingen yang terdiri dari 850 peserta. 
 
Selain mempertandingkan 8 cabang olahraga, panitia juga menggelar dua kegiatan di bidang seni yaitu lomba tarik suara dan fashion show busana berbahan endek. “Melalui peragaan busana berbahan endek, kita ingin mendukung program pemerintah daerah dalam pelestarian kain tenun tradisional Bali,” pungkasnya. 
 
Menambahkan penjelasan Trisno Nugroho, Ketua Panitia Porsebank 2022 I Gusti Agus Hendrawan menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan memupuk kebersamaan dan kolaborasi jajaran perbankan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Daerah Bali. Selain itu, melalui kegiatan ini jajaran perbankan Bali ingin menunjukkan dukungan terhadap program go green dan bangga menggunakan produk dalam negeri. “Karena di Bali, kita ingin aktif dalam mendukung pelestarian kain tenun tradisional seperti endek,” sebutnya. Porsebank Bali 2022 yang mengusung tema ‘Together We Are Stronger’ dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu, dari tanggal 2 Juli hingga 17 Agustus 2022. Pembukaan Porsebank Bali 2022 ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan burung. Pada kesempatan itu juga dilaksanakan pemotongan tumpeng yang menandai Hari Jadi BI ke-69.

Hukum & Kriminal

Terpopuler