Walau Pandemi Covid-19, Pelaksanaan TMMD Jalan Terus | Bali Tribune
Diposting : 9 June 2020 22:08
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/ Aster Kasad ketika memimpin Rakornis TMMD ke-108 tahun 2020 melalui vidcon yang digelar di Ruang Airlangga Kodam IX/Udayana, Denpasar, Selasa (9/6).
Balitribune.co.id | Denpasar - Asisten Teritorial (Aster) Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Mayjen TNI Bakti Agus Fadjri selaku Pati Bidang Perencanaan Penanggung Jawab Operasional TNI Manunggal Membangun Desa (Ren PJO TMMD) menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang masih bisa mengalokasikan anggaran untuk kegiatan TMMD ke-108 ditengah pandemi Covid-19 ini.
 
Meskipun dalam situasi yang sungguh berat ini, tapi pemerintah daerah (Pemda) masih bisa menganggarkan kegiatan TMMD. Diharapkan kegiatan ini nantinya bisa mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19 di daerah.
 
Harapan tersebut disampaikan Aster Kasad ketika memimpin Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD ke-108 tahun 2020 melalui video conference (vidcon) yang digelar di Ruang Airlangga Kodam IX/Udayana, Denpasar, Selasa (9/6).
 
Tampak hadir, Kepala Staf Kodam (Kasdam) IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya, didampingi Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Jemz A Ratu Edo dan Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, SIP, beserta para Perwira Staf Kodam IX/Udayana.
 
Kegiatan vidcon tersebut juga diikuti sejumlah pejabat di Korem dan Kodim bersama Forkopimda masing-masing daerah di jajaran Kodam IX/Udayana yang menyelenggarakan TMMD ke-108. Diantaranya, Kodim 1602/Ende, Kodim 1604/Kupang, Kodim 1628/Sumbawa Barat,,  dan Kodim 1616/Gianyar.
 
Lebih lanjut, Mayjen TNI Bakti Agus Fadjri mengatakan, TMMD ini merupakan program kegiatan terpadu lintas sektoral bersama kementerian, pemerintah daerah serta komponen masyarakat sebagai upaya untuk mendukung percepatan pembangunan di daerah.
 
"TMMD ke-108 yang digelar di 44 kabupaten/kota se-Indonesia akan dibuka secara serentak pada 30 Juni 2020 dan ditutup pada 29 Juli 2020. "Pelaksanaan TMMD kali ini mengusung tema "TMMD Pengabdian Untuk Negeri', dengan harapan kegiatan ini menjadi suatu pengabdian TNI untuk bangsa dan negara,” tutur Aster Kasad.
 
Selain sebagai sinkronisasi rencana aksi, Aster Kasad juga berharap agar Rakornis ini dapat dijadikan sebagai media tukar menukar informasi, inovasi, ide maupun gagasan dari daerah demi kemajuan daerah lainnya.
 
Pada kesempatan tersebut juga dipaparkan rencana Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD yang dijelaskan oleh Kasubdis Medtak Penerangan AD, yang pada intinya menyampaikan bahwa LKJ diselenggarakan dengan tujuan untuk memperbesar publikasi kegiatan TMMD kepada masyarakat agar mengerti dan memahami secara menyuluruh dalam membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.
 
"Dalam pelaksanaannya, Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke-108 kali ini dibagi menjadi 4 kategori, yakni kategori Dansatgas, wartawan media cetak/online, wartawan media elektronik, dan Kapendam, yang penilaiannya dilihat dari kuantitas dan kualitas hasil publikasinya," jelas Kasubdis.
 
Diakhir Rakornis, Aster Kasad menekankan, agar dalam pelaksanaannya, TMMD ke-108 mengacu pada rencana umum dan tetap mempedomani protokol kesehatan Covid-19. Serta melibatkan dinas terkait, termasuk mitra TNI dan masyarakat setempat dengan berpedoman pada asas manfaat TMMD, sehingga tujuan dan sasaran dapat tercapai. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler