Wapres Salurkan Rp225 Juta Untuk Sejahterakan Petani | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 28 November 2021
Diposting : 7 May 2016 11:22
Arta Jingga - Bali Tribune
wapres
Wapres didampingi Menpan-RB dan Gubernur Bali saat mengunjungi Gapoktan Sapta Kerta Buana di Desa Bangli, Kecamatan Baturiti Tabanan.

Tabanan, Bali Tribune

Gapoktan Sapta Kerta Buana di Desa Bangli, Kecamatan Baturiti Tabanan mendapat kebanggaan karena dikunjungi Wakil Presiden (Wapres) H. Muhammad Jusuf Kalla, Jumat (6/5). Sebagai wujud kepedulian terhadap petani, Wapres Jusuf Kall menyalurkan dana Rp225 juta untuk mensejahterahkan dan memajukan perekonomian petani.

Ketua Gapoktan Sapta Kerta Buana, I Wayan Runca Wijaya menyampaikan bahwa didalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sapta Kerta Buana terdapat 13 kelompok tani (poktan) se-Desa Bangli yang anggotanya lebih dari 600 orang. Sedangkan untuk Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) 355 dikelola Poktan Giri Lestari yang kini memiliki anggota sebanyak 43 orang. “Pada awalnya berdiri di tahun 2013 hanya 33 orang, dan sekarang sudah berkembang menjadi 43 orang,” ungkapnya.

Gapoktan Sapta Kerta Buana yang berdiri sejak tahun 2013 tersebut, unggul dalam pengolahan pupuk organik, bio gas dan bio urine. Dalam satu hari, dari 21 ekor sapi yang didapat dari bantuan Simantri, para petani dapat mengolah pupuk organik mencapai 100 kilogram dan 100 liter biourine.

Sedangkan untuk biogas baru hanya digunakan dalam dua kompor. Selain itu, sayuran organik yang dihasilkan para petani juga banyak dilirik hotel dan restoran. “Jadi sayuran organik para petani kita yang lebih dari 50 jenis itu sudah ada yang dijual ke hotel dan restoran,” ungkap Ketua Simantri 355, I Wayan Karya.

Kesempatan tersebut Wapres, H Muhammad Jusuf Kalla mengapresiasi sayuran organik, pengolahan pupuk, biogas dan biourine Gapoktan Sapta Kerta Buana. “Ini sangat bagus dan harus terus dikembangkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wapres berjanji memberikan bantuan kepada petani di Desa Bangli, Kecamatan Baturiti Tabanan dengan besaran dana yang digelontorkan atau disalurkan Rp225 juta dari Pemerintah Pusat. Bantuan tersebut untuk mensejahterakan petani dan memajukan perekonomian petani. Selain Wapres, dalam rombongan juga tampak beberapa orang menteri seperti Menpan-RB Yudi Crisnandi yang disambut langsung oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Hukum & Kriminal

Terpopuler