Warga dan Tokoh Adat Tiga Banjar di Desa Datah Deklarasikan Dukungan ke Massker | Bali Tribune
Diposting : 8 November 2020 17:19
Husaen SS. - Bali Tribune
Bali Tribune / DEKLARASI - Warga dan tokoh adat serta pengelingsir dadia di tiga BAnjar Dinas di Desa Datah deklarasikan dukungan bagi kemenangan Massker

balitribune.co.id | Amlapura - Dukungan untuk Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Karangasem, nomor urut 2, I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Made Sukerana (Massker) yang diusung oleh Koalisi Karangasem Hebat (KKH) 2, menggema di Desa Adat Datah, Kecamatan Abang, Karangasem. Tokoh adat, tokoh masyarakat, pengelingsir dadia serta masyarakat di tiga banjar di Desa Datah, masing-masing Banjar Dinas Kedampal, Banjar Dinas Wates, dan Banjar Dinas Asah Teben, mendeklarasikan dukungan mereka dan siap memenangkan Massker pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Bersama tim kampanye diantaranya Sekwil Partai Perindo Bali, I Nyoman Widiana, Calon Wakil Bupati Karangasem, I Made Sukerana pertama kali menghadiri simakrama dengan warga di Banjar Dinas Kedampal. Dalam kegiatan mesadu ajeng dengan tokoh masyarakat Kedampal, Made Sukerana banyak memaparkan visi-misi dan program pembangunan Massker untuk lima tahun kedepan yang menitik beratkan pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan, dan sektor ekonomi dengan pengembangan UMKM guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Berbagai aspirasi juga disampaikan oleh tokoh adat dan masyarakat Desa Kedampal, diantaranya Jro Mangku Tangkas, yang mengusulkan perbaikan akses jalan disejumlah ruas di Kedampal, jika nantinya Massker menang dan I Gusti Ayu Mas Sumatri bersama I Made Sukerana terpilih memimpin Karangasem untuk periode kedua.

Usulan yang sama juga disampiakan oleh Klian Banjar Adat Wates, I Nyoman Swasta, dan tokoh masyarakat Banjar Asah teben, I Wayan Puriasta yang sama-sama mengusulkan perbaikan inftastruktur di wilayah mereka, utamanya perbaikan akses jalan dan masalah air bersih. Terkait usulan dari tokoh warga dan tokoh masyarakat di tiga Banjar Dinas di Desa Datah terssebut, Calon Wakil Bupati, I Made Sukerana berjanji akan segera menindaklanjuti aspirasi warga jika diberikan memimpin Karangasem bersama I Gusti Ayu Mas Sumatri.

“Usulannya sama yakni masalah infrastruktur dan air bersih. Kita akan tindaklanjuti ini, dan memang duku bersama pak Wayan Geredeg kita sudah lakukan perbaikan akses jalan, cuman kan belum semuanya. Nah Astungkare nanti di periode kedua ini kita akan tuntaskan,” ujar I Made Sukerana. Ini penting karena akses jalan tersebut merupakan askes ekonomi dan industri warga untuk menjual hasil kerajinan dan hasil pertanian mereka ke pasar dan ke Denpasar.

Sedangkan untuk masalah air bersih, memang kata Sukerana di Desa Datah telah ada embung cuman itu tidak maksimal utamanya saat musim kemarau. Nah masalah air bersih ini juga menjadi prioritas Massker di Karangasem. Untuk di Desa Datah pihaknya akan mengupayakan mengalirkan air telagawaja keseluruh banjar yang mengalami kesulitan air bersih.

“Sudah dilewati pipa air telagawaja, tinggal bagaimana mensiasatinya agar air telagawaja bisa dialirkan ke rumah warga bekerjasama dengan PDAM,” tandasnya. Sementara dalam simakrama tersebut, tokoh masayrakat dan tokoh adat di tiga Banjar Dinas itu langsung mendeklarasikan dukungan dan siap memenangkan Massker di Desa Datah.