Warga Kodam IX/Udayana Bagikan 1.620 Kantong Daging Hewan Kurban | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 08 Desember 2021
Diposting : 21 July 2021 22:48
JOK - Bali Tribune
Bali Tribune/ SAPI -- Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, MSc, (kanan) menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi kepada Ketua Panitia Mayor Inf H Nur Hidayat, SAg, di halaman Masjid Agung Sudirman, Denpasar, Rabu (21/7)

balitribune.co.id | Denpasar  - Memasuki hari kedua peringatan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M, Rabu (21/7), warga Kodam IX/Udayana menyembelih sebanyak 39 ekor hewan kurban (9 ekor sapi dan 30 ekor kambing) di Lingkungan Asrama Sudirman, Denpasar. Diawali dengan penyerahan hewan kurban berupa seekor sapi secara simbolis oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, MSc, kepada Ketua Panitia Penerima, Penyembelihan, dan Pembagian Daging Hewan Kurban, Mayor Inf H Nur Hidayat, SAg, di halaman Masjid Agung Sudirman, Denpasar, Rabu pagi kemarin.
 
"Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, mohon maaf lahir dan bathin. Di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, mari kita harus selalu mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena sampai saat ini kita masih diberikan kesehatan," ujar Jenderal Maruli Simanjuntak mengawali kata sambutannya.
 
Terkait pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tahun ini, yang juga disebut sebagai ibadah kurban yang dirayakan setiap setahun sekali kata Pangdam, kalau dicermati maknanya adalah sebagai momentum untuk meningkatkan rasa peduli dan saling berbagi. Dimana pun berada, kalau memang ada rejeki, sebaiknya ikut peduli dan teruslah berbagi kepada sesama.
 
"Apalagi dihadapkan pada situasi serba sulit saat ini, di mana banyak saudara-saudara kita yang sangat memerlukan bantuan. Semoga, apa yang kita kerjakan kali ini dapat bermanfaat dan membantu, serta mungkin kedepan kita ada program-program lagi supaya bisa lebih spesifik ke masyarakat," kata Pangdam.
 
Jenderal TNI bintang dua itu juga menjelaskan, pelaksanaan salah satu program yang dilakukan Kodam IX/Udayana tentang air bersih yang sampai saat ini masih terus berjalan dan di Bali ada di 9 titik. "Dimana, masyarakat yang dulunya merasa kesulitan dan cukup jauh untuk mengambil dan mendapatkan pasokan air bersih, bahkan terpaksa harus membeli, sekarang tidak perlu lagi membeli dan bisa lebih mudah untuk mendapatkan pasokan air bersih," jelas Pangdam.
 
Mayor H Nur Hidayat melaporkan bahwa seluruh panitia yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut berpedoman pada disiplin protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Pihak panitia mengalokasikan waktu 3 hari (17-19 Juli 2021) untuk menerima hewan kurban, dan terkumpul 39 ekor hewan kurban, yang terdiri dari 9 ekor sapi dan 30 ekor kambing.
 
"Setelah seluruh hewan kurban tersebut dipotong atau disembelih, lalu dikemas menjadi 1.620 kantong daging hewan kurban dan dibagikan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan Asrama Sudirman dan ke beberapa yayasan atau panti asuhan," katanya.
 
Terkait kegiatan pemotongan dan teknis penyaluran daging hewan kurban tetap menerapkan disiplin prokes yaitu, selalu menggunakan masker, membatasi kerumunan masyarakat, sehingga yang hadir hanya khusus panitia saja. Selanjutnya, untuk penyaluran daging kurban dilakukan secara "door to door" dan diantar langsung oleh panitia, baik kepada masyarakat maupun ke sejumlah panti asuhan yang telah terdaftar.
 
Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Ketua dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Daerah IX/Udayana serta perwakilan para Komandan/Kabalakdam IX/Udayana.

Hukum & Kriminal

Terpopuler