WIR Group Menggandeng berbagai Brand di Nusameta Pavilion | Bali Tribune
Diposting : 12 November 2022 13:28
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / PLATFORM - Kehadiran Nusameta Pavilion di Nusa Dua, Badung mampu memberikan gambaran umum bagaimana platform metaverse dengan semua basis teknologinya (AR, VR dan AI) bisa menjembatani bisnis dan konsumen yang akan menjadi pintu gerbang ke berbagai pengalaman digital dan potensi ekonomi.
balitribune.co.id | BadungPT WIR Asia Tbk, (WIR Group) perusahaan pengembang teknologi berbasis Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) terkemuka di Asia Tenggara menghadirkan pengalaman yang imersif di Nusameta Pavilion. Eksibisi yang salah satunya menampilkan prototipe ekosistem mertaverse Indonesia ini dibuka secara resmi oleh Luh Made Wiratmi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Bali, mewakili Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati bertempat di Bali Collection ITDC Nusa Dua, Badung, Jumat (11/11). 
 
Sebagai pengejawantahan dari evolusi internet dan web 3.0, WIR Group saat ini sedang membangun ekosistem metaverse Indonesia yang dinamakan Nusameta dengan mengedepankan kearifan lokal. Nusameta ini nantinya diharapkan mampu menjadi gerbang ke berbagai pengalaman digital serta potensi ekonomi baru.
 
Kehadiran Nusameta Pavilion, mampu memberikan gambaran umum bagaimana platform metaverse dengan semua basis teknologinya (AR, VR dan AI) bisa menjembatani bisnis dan konsumen, yang akan menjadi pintu gerbang ke berbagai pengalaman digital dan potensi ekonomi. 
 
Pengembangan dari platform ini juga diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. Gupta Sitorus, Chief Sales and Marketing Officer WIR Group dalam pembukaannya mengatakan, inklusivitas merupakan kata kunci dalam pengembangan platform Nusameta ini. "Sehingga kami berharap semua masyarakat dapat dengan mudah ikut serta merasakan kehadiran Nusameta melalui berbagai gawai yang dimiliki seperti handphone ataupun PC. Secara kolaboratif, WIR Group sebagai perusahaan teknologi kreatif dapat membentuk perilaku, mendefinisikan produk inovatif baru, dan membangun jaringan di antara komunitas wirausaha, untuk memperkuat dan menciptakan kembali dunia bisnis inovatif masa depan di Indonesia,” ujar Gupta. 
 
Gupta menambahkan, pengunjung nantinya dapat mencoba banyak hal terkait teknologi web 3.0 dan metaverse, termasuk merasakan sendiri pengalaman extraordinary di dalam Nusameta Pavilion mulai dari langkah awal, yaitu pembuatan avatar menggunakan mesin DAV yang merupakan bagian dari ekosistem O2O (offline to online) WIR Group dimana semua orang dapat mengekspresikan diri mereka dengan cara baru dan menarik. Pernyataannya merujuk pada penggunaan avatar yang bisa dibuat atau disesuaikan sesuai dengan keinginan untuk merepresentasikan diri setiap individu. Ekosistem Nusameta memungkinkan mereka berinteraksi dengan sesama pengunjung lewat avatar, dan mengeksplorasi dunia virtual di Nusameta.
 
Sebagai platform ekosistem yang inklusif, Nusameta Pavilion menghadirkan pengalaman ini dengan dukungan dan kolaborasi bersama CAKAP, Bank Mandiri, BNI, BRI, Alfamart, Alfamind, Beanspot, Hydro coco by Kalbe Nutritional, Shila at Sawangan, Tropicana Slim by Nutrifood dan Pegadaian Digital.
 
Cakap salah satu edutek terkemuka di Indonesia, senantiasa berinovasi untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang menarik bagi pengajar dan muridnya. Hal ini juga sesuai dengan visi dan misi Cakap untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dalam virtual booth platform e-learning CAKAP, pengunjung dapat melihat bagaimana metaverse dapat diimplementasikan pada sektor pendidikan serta bagaimana sistem pembelajaran daring interaktif memanfaatkan platform teknologi metaverse akan kian menarik, dan memberikan pengalaman baru yang berbeda.
 
Bank Mandiri menjadi salah satu institusi perbankan Indonesia yang  telah memiliki visi untuk melangkah lebih jauh dalam hal menuju layanan digital. Bank Mandiri turut berpartisipasi masuk ke dalam platform ekosistem metaverse bersama dengan Nusameta Pavilion.
 
Pada virtual booth Bank Mandiri, pengunjung Nusameta dapat melihat sendiri potensi layanan perbankan di dunia metaverse, mulai dari berbagai features seperti virtual booth hingga layanan yang bersifat beyond banking yang tidak pernah dirasakan sebelumnya.
 
Bank BNI sebagai pionir perbankan digital di Indonesia juga berkomitmen membantu pengembangan transformasi digital di Indonesia melalui metaverse. Melalui penggabungan Virtual Reality, Augmented Reality, dan Artificial Intelligence, BNI di dalam ekosistem metaverse Indonesia akan memberikan pengalaman baru bagi nasabah untuk menikmati layanan perbankan digital yang akan menghubungkan dunia nyata dan virtual secara imersif agar memberikan pengalaman yang menarik bagi nasabah.
 
Para pengunjung bisa merasakan pengalaman menjadi nasabah ini ketika berkunjung di virtual booth Nusameta Pavilion. Bank BRI memberikan terobosan yang memungkinkan nasabah untuk mendapat akses layanan perbankan di ruang virtual dari mana saja dan kapan saja.
 
Pada virtual booth yang ditampilkan oleh Bank BRI di Nusameta Pavilion, pengunjung dibawa untuk merasakan pengalaman layanan digital dengan dukungan teknologi berbasis Augmented Reality, dan Virtual Reality serta Artificial Intelligence yang kedepannya akan membuat inovasi layanan perbankan lebih imersif. Alfamart, pionir industri retail dalam ekosistem metaverse. Hal ini yang ditunjukkan oleh Alfamart dengan ikut menjadi bagian ekosistem Nusameta dalam meningkatkan pelayanan,  terutama dalam menjangkau lebih banyak pelanggan. 
 
Presiden Direktur PT Sanghiang Perkasa, Ongkie Tedjasurja mengatakan, inovasi sangatlah diperlukan termasuk mengambil bagian di dalam berkembangnya dunia digital terutama dunia metaverse. "Hal ini kami lakukan untuk membangun ekosistem Nutrition for Life sesuai dengan misi KALBE Nutritionals, sehingga kami dapat semakin efektif dan efisien dalam memahami kebutuhan konsumen, serta tentunya memberikan layanan dan edukasi tanpa batas kepada para konsumen kapan pun dan di mana pun mereka berada," katanya.
 
Selanjutnya, Shila at Sawangan, merupakan pengembang properti pertama di Indonesia yang serius merambah dunia metaverse.  Shila at Sawangan melihat pasar yang begitu terbuka lebar dari para generasi milenial dan keluarga baru, sehingga merambah ke dunia virtual metaverse. Di booth ini, pengunjung dapat melihat bagaimana konsep metaverse diterapkan, antara lain melihat rencana yang sedang dikembangkan serta model perumahan modern, dan memantau perkembangan terkini dari Shila semuanya di dunia virtual metaverse.
 
Nutrifood melalui Tropicana Slim, menghadirkan bagaimana konsep pelayanan dalam metaverse, sehingga dapat semakin efektif dan efisien dalam memahami kebutuhan konsumen. 
 
Di virtual booth Pegadaian Digital, pengunjung akan disajikan gambaran bagaimana perubahan pada pelayanan Pegadaian dari konvensional ke digital dapat dihadirkan melalui metaverse. Dengan masuknya Pegadaian Digital ke dalam dunia metaverse, menunjukkan kesiapan Pegadaian Digital untuk merambah dunia Web3 dan menjangkau generasi yang lebih muda. Diharapkan dapat memberikan pengalaman baru dan pelayanan yang lebih maksimal kepada konsumen, melalui Aplikasi Pegadaian Digital.