Yukk, Pahami Alarm dan Answer back System Honda Smart Key | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 28 Oktober 2020
Diposting : 5 June 2020 09:13
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune/ fitur smartkey

Balitribune.co.id | Denpasar – Seiring perkembangan jaman dan kebutuhan konsumen yang semakin meningkat, beberapa tipe sepeda motor juga telah mengalami perubahan teknologi dan kebanyakan saat ini telah menggunakan fitur smartkey. 

Teknologi canggih ini merupakan teknologi yang berfungsi untuk menghidupkan sepeda motor tanpa anak kunci. Beberapa tipe sepeda motor yang telah menggunakan teknologi smartkey diantaranya adalah Line Up dari Honda yaitu PCX150, Honda ADV150, dan Honda Vario150.
 
Ada fungsi lain yang di sertakan pada teknologi ini yaitu alarm atau anti theft dan answer back system.  Fungsi ini sangat penting untuk diketahui, Fitur alarm berfungsi untuk mencegah dari pencurian dan answer back system berfungsi untuk mengetahui lokasi motor pada saat mencari di keramaian parkiran.
 
Smartkey Honda ini sangat simpel digunakan, karena terdapat lampu indikator pada panel instrumen yang akan memberikan informasi peringatan apabila terjadi sesuatu, dari sisi remote kita juga dapat mengetahui informasi status pada penggunaan smartkey. Ada 2 warna lampu remote yang memiliki arti diantaranya : lampu indikator berwarna hijau pada remote yang menginformasikan bahwa status remote hidup/on. Kemudian lampu indikator warna merah yang menginformasikan status remote mati/off untuk tombol answerback warna lampu merah juga berarti suara silent ,dan warna hijau berarti answerback aktif dengan suara.
 
Sangat simple dan mudah, ternyata sepeda motor dengan smartkey juga dapat menginformasikan jika remotenya hilang  atau tertinggal saat dikendarai.
 
Ketika sedang mengendarai sepeda motor, dan tidak sengaja remotenya terjatuh/ tertinggal ada 2 tanda yang akan dirasakan saat motor dikendarai yaitu,
 
1.    Setelah 1 menit maka lampu indikator lambang kunci di spidometer  akan berkedip sebanyak 5 kali dan berulang terus menerus. Hal ini menandakan bahwa komunikasi remote dan motor tidak terjadi, sehingga ada kemungkinan remote hilang atau batrenya remotenya habis.
 
2.    Ketika knop kontak motor dimatikan maka motor akan berbunyi bipp bipp disertai lampu sein berkedip selama 1 menit. Nah tidak perlu khawatir karena disini sebelum 1 menit pengendara bisa memutar knop ke posisi on pada kondisi tersebut. Jika dalam 1 menit tidak diposisikan on kembali, maka motor tidak bisa dihidupkan.
 
Tapi bukan berarti tidak ada solusi loh ya,Untuk mengatasi jika sudah terlanjur lewat 1 menit tersebut, Ada 2 cara mudah untuk menghidupkan motornya,
 
1.    Pengemudi bisa mengambil remote cadangan terlebih dahulu. dan bisa langsung menghidupkannya.
 
2.    Menghubungi layanan HONDACARE dengan  no telp 0361 438008. Pastikan 2 gantungan ID Tag ( nomor seri ) remote saat pembelian tidak hilang, karena akan membantu memudahkan pengecekan oleh mekanik, sehingga motor bisa dihidupkaan. ID Tag ini bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh si pemilik kendaraan
 

3.    Jika remote hilang, maka untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan segera lakukan pemblokiran remote hilang ke bengkel resmi Honda/ AHASS terdekat. Solusi yang diberikan adalah mengganti remote cadangan untuk memulai fungsi kendaraan seperti biasanya, dan pembeliannya dilakukan di AHASS untuk memastikan bahwa part nya adalah resmi Honda Genuine Part (HGP).