Perbaikan Irigasi dan Bantuan Subak Jadi Perhatian Massker di Sektor Pertanian | Bali Tribune
Diposting : 9 October 2020 20:37
Husaen SS. - Bali Tribune
Bali Tribune / Massker dalam kampanyenya di Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem

balitribune.co.id | Amlapura - Putaran kampanye hari keempat, Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Made Sukerana (Massker) yang diusung oleh koalisi enam partai yakni Partai Golkar, Nasdem, Gerindra, Demokrat, Perindo dan PKS, yang tergabung dalam Koalisi Karangasem Hebat (KKH) 2, Jumat (9/10/2020) melaksanakan kegiatan kampanye di Kecamatan Rendang dan Kecamatan Selat, Karangasem.

Pada setiap kegiatan kampanye di dua kecamatan ini, Paslon Bupati-Wakil Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Made Sukerana selalu mendapatkan sambutan antusias dari warga, hanya saja untuk mematuhi aturan protokol kesehatan dalam kampanye, maka hanya 50 orang warga saja yang diperbolehkan untuk ikut dalam kegiatan kampanye tatap muka calon Bupati-Wakil Bupati Karangasem nomor urut 2 tersebut.

Di Banjar Besakih Kawan, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Massker mendapat sambutan hangat dari para tokoh masyarakat, dimana dalam kampanye tersebut Massker banyak menyerap aspirasi dari perwakilan warga setempat. Usai melaksanakan kegiatan kampanye di Besakih, Massker bersama tim kampanyenya melanjutkan kegiatan kampanye di Di Banjar Pesaban Kaler, Desa Pesaban, Kecamatan Rendang.

Ada yang unik dalam kegiatan kampanye Massker di Pesaban, dimana ada seorang Balita yang terus menangis, dan begitu rombongan Paslon Bupati-Wakil Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Made Sukerana, tiba balita tersebut berhenti menangis dan minta untuk digendong oleh Calon Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Mas Sumatri dan rombongan mendapatkan sambutan hangat dari tokoh-tokoh warga, dimana setelah mendengarkan pemaparan visi dan misi serta program pembangunan Massker lima tahun kedepan, warga langsung kompak menyatakan dukungan mereka serta siap berjaung memenagkan Massker di Desa Pesaban.

“Banyak aspirasi yang kita serap dari masyarakat, utamanya dari para petani yang mengusulkan adanya bantuan untuk Subak. Sektor pertanian saat ini memang jadi prioritas kami, penerapan teknologi pertanian diperlukan dalam peningkatan hasil pertanian termasuk perbaikan saluran irigasi,” papar I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Dikatakannya, selama menjabat sebagai Bupati Karangasem, pihaknya berupaya untuk mengenjot pengembangan sektor pertanian melalui program yang digulirkan oleh Dinas Pertanian, termasuk menjamin harga hasil pertanian tidak jatuh saat musim panen raya tiba. “Di Kecamatan Kubu, warga sudah berhasil mengembangkan pertanian bawang dan padi dilahan tandus. Irigasi itu penting, jadi kedepan kita upayakan bantuan perbaikan saluran irigasi seperti yang diusulkan Subak,” lugasnya.

Selain bantuan untuk Subak, warga juga mengusulkan kenaikan bantuan untuk Desa Adat dan Banjar Adat. Dan ditegaskannya program riil lima tahun kedepan, pihaknya akan meningkatkan besaran dana bantuan Desa Adat dari sebelumnya Rp. 30 juta menjadi Rp. 50 Juta, dan bantuan Banjar Adat dari awalnya Rp. 13 Juta menjadi Rp. 25 Juta.

Lanjut, dalam kampanye di Banjar Pendem, dan Banjar Pemuhunan, Desa Muncan, Paslon Bupati-Wakil Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Made Sukerana, masker juga disambut antusias warga dengan salam dua jari. Warga di kedua dusun ini kompak menyatakan dukungan dan siap memenangkan Massker pada Pilkada 9 Desember mendatang.

Hadir dalam kampanye Massker di Desa Muncan sejumlah tokoh diantaranya, Ida Bagus Adnyana, anggota DPRD Karangasem dari Fraksi Gerindra, Jro Mangku Galon, I Made Kertiana yang merupakan Wakil Ketua DPRD Karangasem dari Nasdem, I Gusti Agung Dwi Putra, anggota DPRD Karangasem dari fraksi Golkar, I Gusti Putu Sugita dan Sekwil Perindo Bali, I Wayan Widiana.