Kapolda Bali Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada Bangli | Bali Tribune
Diposting : 3 December 2020 07:33
Agung Samudra - Bali Tribune
Bali Tribune /MENGECEK - Kapolda Bali Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra SH Msi mengecek kesiapan pengamanan Pilkada Bangli, Rabu (2/12).
Balitribune.co.id | Bangli - Kapolda Bali Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra SH MSi menyambangi Polres Bangli guna mengecek kesiapan pengamanan Pilkada Bangli, Rabu (2/11). Kapolda mengatakan di tengah situasi pandemi Covid-19, pihaknya mengingatkan personelnya untuk menjaga kesehatan. Jika ada yang sakit agar segera melapor sehingga tugas bisa digantikan.
 
Irjen Putu Jayan Danu mengatakan, personel yang mendapat tugas di lapangan bila kondisinya sakit agar tidak takut melapor. Bagi yang sakit bisa digantikan personel lainnya. "Jangan takut melapor. Kasehatan yang utama, dan jangan sampai malah memunculkan klaster baru, dan kami perintahkan Kapolres untuk mengecek kesehatan personil sebelum turun menjalankan tugas pengamanan TPS,” tegasnya. 
 
Irjen Putu Jayan Danu menjelaskan kehadiran ke Polres Bangli untuk mengecek kesiapan pengaman Pilkada Bangli yang tinggal seminggu lagi. "Hari ini anggota yang bertugas di TPS diapelkan, ada 765 personel. Saya cek kesiapan anggota dan kondisi sudah siap," ujarnya. 
 
Dalam situasi seperti ini diyakinkan petugas di TPS sehat. Personel yang bertugas mengawasi penerapa protokol kesehatan sesuai penanganam Covid-19. Selain itu dalam pemungutan suara nantinya tidak ada pelanggaran. "Kami juga sudah berkoordinasi dengan Ketua Bawaslu untuk pengawasan pemungutan suara. Titik krusial yang perlu diback up. Begitu pula dengan KPU juga sudah kami sambangi," sebut Irjen Putu Jayan Danu. 
 
Sementara untuk  pengamanan akan diback dari Polda Bali dan Polres yang di wilayahnya tidak melaksanakan Pilkada. "Dari 9 Kabupaten ada 6 kabupaten yang melaksanakan Pilkada. Sehimgga Polres yang tidak ada pengamanan dan personel Polda kita mendorong kekuatan ke Bangli," jelasnya sembari mengatakan sekitar 394 personel akan memback up pengamanan di Bangli. 
 
Disinggung soal netralitas jajaranya, Irjen Putu Jayan Danu menegaskan netralitas harga mati. Sebagai untuk keamanan tidak ada memihak pasangan calon manapun. Dikatakan pula bahwa personel sudah mendapat arahan khusus agar mengaja netralitas. "Sudah tegas intruksi dari Kapolri, anggota Polri harus netral, bila ada yang melanggar akan ditindak tegas. Kami ingatkan anggota untuk menjaga sikap, jangan sampai dinilai tidak netral," jelasnya.
 
Selain mengecek kesiapan pengamanan, Kapolda  Irjen Putu Jayan Danu juga melakukan tatap muka dengan jajaran Forkompina Bangli. Hadir Bupati Bangli I Made Gianyar, Ketua DPRD Bangli Ketut Suastika, Dandim Bangli Letkol Inf I Putu Gede Suardana, Kajari Bangli Ery Syarifah, Ketua KPU Bangli Putu Gede Pertama Pujawan dan Ketua Bawaslu Bangli Nengah Purna.