Sekolah di Gianyar Siap-siap Laksanakan PTM A | Bali Tribune
Diposting : 4 January 2022 08:16
ATA - Bali Tribune
Bali Tribune/ VAKSINASI ANAK – Kegiatan vaksinasi anak sudah capai syarat pemberlakuan PMT.

balitribune.co.id | Gianyar  - Tahun 2022, para orangtua yang selama Pandemi ini gundah dengan pendidikan anaknya, kini mulai terjawab. Menyusul Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar terkait pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas katagori A .  Dengan pertimbangan,l vaksinasi anak dan vaksinasi tenaga pendidikan telah menyentuh angka 100%.

Dalam Surat Edaran bernomor: 420/ 09/Disdik itu disiratkan bahwa di Gianyar sudah dapat melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Kategori A. Dijabarkan pula hal wajib dilakukan oleh Satuan Pendidikan, yakni jumlah peserta didik bisa dihadirkan 100%. Namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan. " PMT ini didasarkan pada data bahwa Kabupaten Gianyar berada pada PPKM Level 2, capaian vaksinasi Covid-19 dosis 2.  Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan sudah diatas 80% dan dosis 2 untuk lansia sudah diatas 50%," ungkap Kadis Pendidikan Gianyar I Made Suradnya, Senin (3/1/2022).

Hanya saja, Kantin di dalam lingkungan satuan Pendidikan belum diperbolehkan dibuka selama pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas. Pedagang yang ada di luar gerbang di sekitar lingkungan satuan Pendidikan diatur oleh Satgas penanganan Covid-19 wilayah setempat bekerja sama dengan Satgas penanganan Covid-19 pada Satuan Pendidikan. "Pihak sekolah harus membentuk satgas covid sesuai SE. Sebab bila ada sorang terkonfirmasi positif akan dihentikan,"tegasnya.

Sementara itu,  persoalan antar jemput siswa masih menjadi beban para orang tua. Karena Amangkutan siswa gratis Gianyar aman yang diperuntukan untuk siswa SMP di kabupaten Gianyar statusnya ngambang.  Dengan dalih pembelajaran tatap muka (PTM)  100 persen belum dibuka.  "Kami masih menunggu pembelajaran tatap muka di buka. Tanpa syarat ini  kami tidakn  tidak jalan, anggaranya juga tidak terserap," jelas Kepala Dinas Perhubungan Gianyar, Wayan Suamba yang dikonfirmasi terpisah.

Namun demikian, pihaknya tetap menyiapkan angkutan siswa dan bahkan masih proses tender untuk perampungan administrasi.  Jumlah angkutan yang akan dipakai masih sama seperti tahun 2021. Yakni 204 angkutan dan 12 bus. Selain itu nilai gaji juga masih sama, tidak ada pengurangan. "Intinya saat ini kita masih merampungkan administrasinya dulu, serta menunggu kebijakan pembukaan PTM," tandasnya.