Mencegah Penyebaran Virus, Upacara Melasti Diatur Bergantian | Bali Tribune
Diposting : 1 March 2022 00:37
NDA - Bali Tribune
Bali Tribune/ Iring iringan warga saat melasti di pantai Padanggalak, Denpasar.

balitribune.co.id | Denpasar - Guna menghindari adanya penumpukan warga yang melaksanakan upacara pemelastian. Pihak desa adat Kesiman mengatur secara bergantian bagi warga yang melaksanakan penyucian aci aci dan pratima atau melasti di pantai Padanggalak.

Upacara melasti Jelang hari Raya Nyepi telah dilaksanakan warga sejak Minggu hingga Senin kemarin yang dilakukan secara tertib oleh beberapa desa di Denpasar menuju Pantai Padanggalak.

Di tempat lain, Dandim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde Putu Suwardana, SIP, memerintahkan dan mengerahkan sejumlah Babinsa jajaran Kodim 1626/Bangli untuk berkolaborasi dengan Bhabinkamtibmas dan para pecalang, guna mengamankan kegiatan prosesi upacara keagamaan (Melasti), rangkaian jelang perayaan Nyepi di Bangli.

Dalam kesempatan itu, Babinsa gencar mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes) saat pelaksanaan Melasti. Hal ini kata Dandim, untuk mengamankan prosesi Melasti di Desa Ulian, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Minggu (27/2) lalu, yang digelar dari desa pekraman menuju ke Beji.

"Jadi keterlibatan Babinsa dalam acara ini untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran kegiatan Melasti atau Mekiyis. Peran Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk mengawasi rangkaian kegiatan tersebut agar benar-benar menjalankan prokes.dengan baik, juga dilakukan pembagian masker kepada masyarakat," ujar Letkol Suwardana.

Sementara, Babinsa Desa Abang Batudinding Koramil 1626-04/Kintamani bersama Bhabinkamtibmas dan tenaga kesehstan (nakes) dari Puskesmas Kintamani IV melaksanakan tracing atau penelusuran terhadap kasus konfirmasi positif dan riwayat kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Tracing dilakukan dengan menerapkan prokes secara ketat juga dimonitor langsung oleh Kepala Dusun setempat di Banjar Dukuh Desa Abang Batudinding, Kecamatan Kintamani, Bangli.

Melalui tracing dan testing ini kata Dandim, dapat mendeteksi secara dini apabila antibodi dalam darah seseorang terinfeksi virus Corona, dan dengan segera dapat diambil tindakan selanjutnya.