Putra Cok Ace Ramaikan Bacalon KIM di Pilkada Gianyar | Bali Tribune
Diposting : 31 July 2024 18:48
ATA - Bali Tribune
Bali Tribune / Tjokorda Gede Bayuputra Sukawati

balitribune.co.id | Gianyar - Teka-teki tokoh muda Puri Agung Ubud yang ambil bagian dalam proses penjaringan bacalon Bupati/Wakil Bupati Gianyar di Koalisi Indonesia Maju (KIM) akhirnya diungkap. Adalah Tjokorda Gede Bayuputra Sukawati, putra kedua mantan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda AA  Sukawati atau Cok Ace. Kemunculan praktisi pariwisata muda ini pun menjadikan dinamika politik Gianyar semakin menarik.

Sebagaimana disebutkan Jubir KIM, Wayan Tagel Arjana, Rabu (31/7) sampai saat ini pihaknya belum mengerucut nama yang maju dalam Pilkada Gianyar. Bahkan dari KIM sendiri masih membuka peluang kepada para tokoh atau dari politisi untuk mengendarai KIM Plus di Pilkada Gianyar.

"Kami semua bakal calon masih menunggu hasil survei, dan selanjutnya akan dilanjutkan survey tahap 2 yaitu survey berpasangan," jelas Tagel Arjana.

Diakuinya, nama baru yaitu Tjokorda Gede Bayuputra Sukawati yang akrab disapa Coktra juga masuk dalam penjaringan. Tokoh muda yang kini tercatat sebagai Ketua Yayasan Bina Wisata Ubud, putra kedua mantan Wakil Gubernur  Bali, Tjokorda AA Sukawati atau Cok Ace.

"Kami sudah beberapa kali melakukan komunikasi dengan Coktra. Beliau menyatakan siap maju melalui kendaraan KIM," bebernya.

Disebutkan Tagel Arjana, politik itu bersifat dinamis dan semua peluang terbaik diusahakan. Termasuk hadirnya Coktra yang juga Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Gianyar ini.

"Pada intinya semua peluang terbaik dicoba. Sesuai kesepakatan di KIM, siapapun yang maju akan didukung penuh," ujarnya.

Lanjutnya, KIM  tidak ingin Pilkada di Gianyar salah satu kandidat melawan kotak kosong. Sedangkan terkait peluang Coktra  mendapat rekomendasi juga ditentukan oleh hasil survei tahap 2.

"Sekali lagi politik itu bersifat dinamis, semua bakal calon memiliki peluang yang sama dan tergantung hasil survei tahap 2 nanti," jelasnya.

Setelah mantan Sekda Gianyar I Made Wisnu Wijaya dan kini ada Coktra ini menjadikan peta politik di Gianyar berdinamika. Dimana kedua tokoh ini sebelumnya ada koneksasi dengan pasangan Petahana yakni Paket AMAN. Karena jadi tidaknya sebagai Calon Bupati/Wakil Bupati Gianyar dari KIM keduanya dipastikan ambil bagian dalam tim Pemenangan paket yang digusung KIM di Pilkada Gianyar. Tentunya akan menjadi sandungan basis suara Petahana di sektor birokrasi, kalangan puri hingga praktisi pariwisata.