Tempa Plat Aluminium 3 Inci, Ajus ‘Kustom’ Super Meteor 650 Jadi Phoenix | Bali Tribune
Diposting : 21 November 2024 14:50
HEN - Bali Tribune
Bali Tribune / Royal Enfield Super Meteor 650 terpilih mewakili Indonesia di ajang World Tour berlangsung di 8 titik dan 7 Negara

balitribune.co.id | Denpasar - Terkecuali sektor mesin bawaan pabrikan, Paralel Twin 4-Stroke 648cc (Royal Enfield Super Meteor 650) semuanya bagian di motor ini sudah dipapas habis (kustom). Begitulah yang diungkap Ajus Mulyawarman, builder sekaligus Owner AMS Garage saat ditemui Bali Tribune beberapa waktu lalu.

Dimensi Royal Enfield Super Meteor 650 sebagai motor cruiser dengan panjang 2300 mm, lebar 890 mm serta jok panjang dua seater, sama sekali tak terlihat. Begitupun di jarak terendah kepermukaan tanah (groundclearance) 135 mm dibabat habis dan dijadikan serendah mungkin (low ride), gaya kustom sepeda motor ala Amerika yang dimulai diperkenalkan pada tahun 1960-an dengan tujuan motor melaju rendah dan lambat.

Lalu, apa yang menjadikan motor ini terpilih mewakili Indonesia di ajang World Tour berlangsung di 8 titik dan 7 Negara mulai dari Desember 2024 hingga November 2025?

Adapun 8 titik event itu meliputi, Yokohama Hot Rod Custom Show 2024 (Japan - Tokyo), One Moto Show 2025 (USA - Portland), Bike Shed 2025 (UK - London), Wheels and Waves 2025 (EU - France), Malle Mile 2025 (UK - London), Art of Speed 2025 (Malaysia - Kuala Lumpur), Kustom Fest 2025 (Indonesia - Jogja), dan Eicma 2025 (EU - Milan).

Kunci sukses kustom milik AGS Sanur ini terletak pada karya handmade bodywork. Tanpa menggunakan mesin, Ajus dan kawan-kawan menempa aluminium plat Type ER1100 setebal 3 mm untuk dijadikan new body bork dengan desain tribal khas AMs Garage. Kemudian new bodywork itu dipercantik dengan teknik hand-brushed dan hand-polished sebagai finishing.

Kesuksesan lain kustom motor ini juga terlihat di sektor rangka (frame). Inovasi tinggi terlihat di sini, meskipun bergaya low ride, motor ini bisa dipakai melewati jalanan bergunduk atapun polisi tidur. Kok bisa?

Ya, Ajus memadukan (teknologi modern) Sistem Girder pada lengan ayun depan dengan airsuspension fork (motor bisa ditinggi-rendahkan).

Roh motor bagger (roda depan besar body belakang samping kiri-kakan besar) dipertahankan. Untuk memperkuat kesan klasik, garpu depan tipe Hardtail, yang biasa digunakan pada motor chopper.