11 Ribu per Hari Turis Domestik Tinggalkan Bali Usai Libur Tahun Baru 2021 | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 19 Oktober 2021
Diposting : 3 January 2021 15:11
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / PENUMPANG - Suasana Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, penumpang meninggalkan Bali
balitribune.co.id | Kuta - Menjelang berakhirnya libur Tahun Baru 2021 di kalangan pekerja, ribuan wisatawan domestik dari berbagai daerah di Indonesia meninggalkan Pulau Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Arus balik turis Nusantara yang telah menghabiskan masa liburan Tahun Baru 2021 di Pulau Dewata terpantau sejak 1 Januari 2021. Demikian pantauan melalui data Posko Natal dan Tahun Baru 2021 Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. 
 
Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Taufan Yudhistira, Minggu (3/1) dalam keterangannya melalui pesan elektroniknya menyampaikan, keberangkatan untuk domestik di bandara setempat pasca-perayaan pergantian tahun mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya. 
 
Saat ini tercatat mulai 1 Januari 2021 keberangkatan domestik menuju berbagai daerah di Tanah Air sebanyak 7.125 pergerakan dan semakin meningkat pada 2 Januari 2021 yang tercatat mencapai 11.955 orang. Hal ini mengingat libur pergantian tahun akan berakhir dan wisatawan yang merupakan masyarakat pekerja kembali ke wilayahnya untuk mempersiapkan diri melakukan aktivitas kerja. 
 
"Arus balik wisatawan domestik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai tercatat mengalami peningkatan mulai dari 1 Januari dan semakin naik di tanggal 2 Januari. Meskipun pergerakan orang di bandara ini semakin meningkat menjelang berakhirnya masa liburan pergantian tahun, kami di bandara tetap memperketat protokol kesehatan," jelas Taufan. 
 
Pergerakan wisatawan domestik untuk kembali ke daerah asalnya usai momen liburan kali ini masih akan terjadi pada beberapa hari ke depan. Pihak bandara pun setiap saat mengingatkan para penumpang yang berada di bandara agar mematuhi protokol kesehatan melalui pengeras suara. 
 
Sedangkan untuk kedatangan wisatawan Nusantara ke Bali semakin menurun, pada 1 Januari 2021 sebanyak 2.425 penumpang dan pada 2 Januari 2.714 orang. Dimana awalnya pada menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2021 kedatangan wisatawan domestik ke Pulau Dewata mencapai 13 ribu orang per hari. 
 
Sementara Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai belum melayani penerbangan regular untuk rute internasional. Mengingat pemerintah belum membuka kunjungan untuk turis asing ke Bali sejak pandemi Covid-19 menyebar di Tanah Air. 
 
Petugas keamanan bandara setempat terlihat tetap displin menerapkan protokol kesehatan kepada seluruh pengguna jasa bandara. Dengan menggunakan pengeras suara, petugas berkeliling di terminal kedatangan dan keberangkatan domestik mengingatkan setiap saat penumpang maupun pengantar untuk tidak berkerumun dan mematuhi aturan jaga jarak di masa pandemi Covid-19. 
 
Kendati sejumlah tanda dan imbauan terkait protokol kesehatan telah terpasang di area terminal, namun ada saja penumpang yang mengabaikannya. "Kami telah menyiapkan satuan tugas untuk mencegah terjadinya kerumunan di area terminal domestik, khususnya di tiga lokasi rapid test yang ada di Bandara Ngurah Rai," katanya.