18 Orang Pasien Covid-19 Sembuh Dipulangkan | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 04 Agustus 2020
Diposting : 15 July 2020 07:05
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ DIPULANGKAN - Pasien yang sembuh di RSU Klungkung dipulangkan.
Balitribune.co.id | Denpasar - Walaupun terjadi peningkatan kasus transmisi lokal di Klungkung, tapi banyak pasien Covid-19 yang dirawat di tiga ruangan isolasi Covid-19 RSUD Klungkung, juga yang sembuh sehingga bisa dipulangkan. Senin (13/7) merupakan jumlah terbanyak pasien yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang karena hasil tes swab pasien sebanyak 2 kali berturut-turut negatif. 
 
Adapun jumlah pasien yang sembuh dan diperbolehkan pulang adalah 18 orang. “Jumlah tersebut adalah jumlah terbanyak pasien sembuh dalam sehari sejak RSUD Klungkung ditetapkan sebagai RS Rujukan untuk penanganan pasien Covid-19 pada bulan Maret 2020,” Ujar Dirut RSU KLungkung dr Nyoman Kesuma, MPH, Selasa (14/7)
 
Menurutnya jumlah pasien yang diperbolehkan pulang setelah dilakukan tes swab sebanyak 2 kali berturut-turut dengan hasil pemeriksaan swab cukup lama, namun pihaknya berharap kedepan hasil dari pemeriksaan swab yang sudah dilakukan bisa keluar lebih cepat sehingga pasien yang sembuh dan boleh pulang bisa tambah banyak lagi. Khusus bagi pasien yang sudah dinyatakan boleh pulang pihaknya berpesan agar selalu menerapkan protokol kesehatan dan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, walaupun suasana sekarang kita sudah mulai memasuki masa new normal. Selama masa new normal pihak RSUD Klungkung menghimbau kepada masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan yang ada bahkan lebih ketat lagi, karena di era new normal ini kita tidak bisa memprediksi dan menebak siapa dan dimana virus Covid-19 ini berada.
 
Sebelumnya pada beberapa hari sebelumnya ada 15 orang pasien Covid-19 di ruang isolasi RSUD Klungkung sembuh dan boleh pulang. Dari jumlah tersebut ada 14 org confirm Covid-19 dan 1 org PDP yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Dengan menerapkan protokol kesehatan secara maksimal mudah-mudahan kita bisa melalui masa sulit untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19.
 
“Semoga dengan semakin banyaknya pasien Covid-19 yang bisa disembuhkan masyarakat tidak cemas dalam menjalani perawatan di ruang isolasi. Kami juga berharap agar masyarakat tidak takut mengikuti screening melalui rapid test atau swab. Sebab kalau kasus covid-19 ditemukan dengan gejala ringan maka lebih mudah perawatannya dan tingkat kesembuhannya makin tinggi. Dengan ditemukan lebih awal maka bisa dihindari kasus masuk kategori sedang atau berat yang membutuhkan penanganan lebih sulit nantinya,” tutur dr Nyoman Kesuma mengingatkan masyarakat Klungkung.