AALCO di Bali, Ratusan Delegasi dari Puluhan Negara Masuk Melalui Bandara Ngurah Rai | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 13 April 2024
Diposting : 16 October 2023 20:21
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / DELEGASI - konter delegasi yang telah disiapkan Imigrasi Ngurah Rai untuk proses pemeriksaan keimigrasian terhadap kedatangan para delegasi AALCO

balitribune.co.id | Mangupura - Pertemuan 61st Asian-African Legal Consultive Organization (61st AALCO) berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), pada 16-20 Oktober 2023 mendapat pengamanan ketat dari pihak terkait. AALCO merupakan forum konsultasi negara Asia-Afrika yang lahir sebagai hasil Konferensi Asia-Afrika tahun 1995 di Bandung. Dimana Indonesia memiliki peran penting sebagai penggagasnya. Tujuan forum ini adalah menyamakan persepsi terhadap isu-isu hukum dan mencari pandangan bersama untuk memperjuangkan kepentingan kedua benua ini. 

Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Suhendra menyatakan berdasarkan data perlintasan keimigrasian per 15 Oktober 2023, sebanyak 102 delegasi masuk melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan rincian 55 melalui konter delegasi reguler dan 47 melalui konter delegasi VIP.

Imigrasi Ngurah Rai telah mempersiapkan dengan matang terkait proses pemeriksaan keimigrasian terhadap kedatangan para delegasi.
 
“Kami telah siapkan jalur dan konter khusus bagi para delegasi. Terdapat 3 konter khusus dengan 4 petugas pada setiap konternya. Sehingga total 12 petugas yang siap melaksanakan pemeriksaan keimigrasian terhadap kedatangan delegasi, selain itu kami juga siapkan petugas khusus untuk pemeriksaan keimigrasian di area VIP menggunakan mobile unit," terang Suhendra.
 
Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Romi Yudianto juga menyampaikan petugas Imigrasi Ngurah Rai telah berpengalaman dalam menangani event-event internasional seperti GPDRR, KTT G20, KTT ASEAN, dan lain sebagainya. "Dan terus kami dorong agar pekerjaan yang sudah baik ini bisa dijaga dan bahkan ditingkatkan," tegasnya. 
 
AALCO membahas berbagai isu hukum yang relevan bagi negara-negara Asia dan Afrika, seperti hukum laut, hukum lingkungan, hukum hak asasi manusia dan hukum perdagangan internasional. Selain agenda utama, forum AALCO memiliki rangkaian kegiatan berupa business forum untuk mempromosikan investasi di Indonesia dan diskusi di bidang hukum humaniter internasional. Sesi tahunan AALCO ke-61 ini akan dihadiri oleh 47 negara anggota, 2 negara pengamat tetap, 42 negara pengamat, 2 otoritas pengamat dan 24 organisasi pengamat.

Para delegasi negara yang mengikuti kegiatan tersebut mendapatkan pengamanan Satgas Pengamanan Bandara I Gusti Ngurah Rai melalui jalur kedatangan di terminal VIP internasional dan domestik. Kapolres Kawasan Bandara Ngurah Rai, AKBP. Ida Ayu Wikarniti mengaku telah menyiapkan pengamanan dengan penempatan personel di pos-pos yang telah ditentukan

Melalui operasi kepolisian dengan Sandi Puri Agung VIII tahun 2023, Polres Kawasan Bandara Ngurah Rai bertugas mengamankan proses kedatangan hingga kepulangan para delegasi AALCO lewat jalur terminal VIP, terminal domestik dan internasional bandara setempat.