Antisipasi Mudik Lebaran, Polda Bali Akan Menambah Gerai Vaksin di Bandara dan Pelabuhan | Bali Tribune
Diposting : 7 April 2022 05:18
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune/ PANTAU - Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra saat memantau vaksinasi Covid-19 di Wantilan Desa Jasri Karangasem.

balitribune.co.id | Amlapura - Polres Karangasem terus mempercepat penuntasan program vaksinasi Booster, termasuk vaksinasi dosis pertama dan kedua, bagi warga di Karangasem yang belum mendapatkannya.

Guna memastikan gerakan vaksinasi serentak ini berjalan sesuai dengan rencana dan target, Kapolda Bali Irjen.Pol Putu Jayan Danu Tirta, didampingi Kapolres Karangasem AKBP Ricko A Taruna, Rabu (6/4/2022), meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi ini di dua gerai vaksinasi Polres Karangasem, salah satunya di Wantilan Desa Adat Jasri, Karangasem.

Kepada awak media, Kapolda Bali menegaskan untuk capaian vaksinasi yang diselenggarakan oleh Polri sendiri sudah mencapai rata-rata 40 persen lebih. Dimana untuk masing-masing gerai vaksin yang didirikan oleh Polri targetnya 200 orang perhari.

“Kita terus pantau, dan saya cukup heran juga tadi masih ada yang baru vaksin pertama, padahal saat ini kita tengah menggenjot vaksin Booster. Tapi tetap kita layani, baik vaksin pertama maupun kedua. Dan harus diakui bahwa secara keseluruhan capaian vaksinasi booster di Bali angkanya sudah cukup tinggi, yakni sudah melebihi 54 persen!” tegas Kapolda.

Kendati saat ini sudah memasuki Bulan Ramadhan, namun menurutnya pemerintah juga sudah menyampaikan jika vaksin tidak membatalkan puasa. Artinya warga muslim yang belum mendapatkan vaksinasi booster maupun belum vaksin pertama atau kedua untuk segera datang ke gerai vaksin Polri untuk melakukana vaksinasi.

Sementara itu terkait dengan aturan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dimana bagi yang sudah melakukan vaksinasi booster tidak wajib lagi menunjukan hasil negatif Rapid Test Antigen maupun Swab PCR, sedangkan wajib Swab Antigen maupun PCR berlaku bagi yang baru mendapatkan suntikan vaksin dosis pertama dan kedua.

Kapolda Bali menjelaskan, menjelang mudik lebaran nanti, pihaknya akan menambah gerai-gerai vaksin di Bandara Ngurah Rai, di pelabuhan Gilimanuk dan di Pelabuhan Padang Bai, Karangasem. “Menyambut dan antisipasi mudik lebaran, jelas nanti kita akan lakukan penambahan gerai vaksin baik di Bandara, Pelabuhan Gilimanuk maupun Padang Bai. Karena ini menjadi persyaratan bagi PPDN,” tegasnya.

Untuk itu pihaknya mendorong warga utamanya yang akan melaksanakan mudik lebaran untuk segera melakukan vaksinasi booster di gerai-gerai vaksin yang disediakan oleh pemerintah.

Halimah salah satu warga muslim yang tinggal di kampung ujung pesisi, kepada media ini mengaku sengaja datang bersama suami dan keluarganya ke gerai vaksin untuk mendapatkan suntikan vaksin booster. “Saya mau vaksin booster, soalnya lepas lebaran nanti saya mau ke Lombok. Jadi dari sekarang sudah siap-siap biar nanti pas berangkat tidak ada masalah,” sebutnya.

Hukum & Kriminal

Terpopuler