Arus Balik di Terminal Mengwi Masih Berlangsung, Siang Sepi, Penumpang Luar Bali Kebanyakan Tiba Dini Hari | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 25 Juni 2022
Diposting : 9 May 2022 02:57
ANA - Bali Tribune
Bali Tribune/ DATANG - Sebuah bus tampak tiba di terminal kedatangan Terminal Mengwi, Minggu (8/5/2022).

balitribune.co.id | Mangupura - Arus balik Lebaran diprediksi masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Pihak Terminal Mengwi, Badung, mencatat pada H+4 Lebaran, Minggu (8/5), jumlah penumpang yang tiba di Terminal Mengwi sebanyak 901 orang. Kedatangan penumpang ini naik tajam dari hari sebelum Lebaran yang rata-rata hanya 200 orang.

Menurut koordinator Satuan Pelayanan (Satpel) Terminal Tipe A Mengwi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Bali, Achmad Erwin Rahadi SH peningkatan jumlah penumpang pada arus balik Lebaran diprediksi masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

“Banyak bus dari luar sudah datang. Pada H+4 Lebaran jumlah penumpang di angka 901 dengan menggunakan 42 bus. Jadi ini meningkat drastis dari biasa rata-rata 200 orang,” ungkapnya, Minggu (8/5).

Pihaknya pun memastikan siap melayani kedatangan para penumpang. “Meski jumlah penumpang meningkat, kami pastikan situasi masih aman,” katanya.

Lebih lanjut Achmad Erwin Rahadi menyatakan bahwa pada siang hari situasi di Terminal Mengwi memang relatif sepi. Pasalnya, penumpang kebanyakan tiba di terminal keberangkatan terminal pada malam atau dini hari. Sehingga pada siang hari Terminal Mengwi terlihat sepi. “Penumpang dari luar Bali, biasanya sampai di terminal pada dini hari atau pagi. Kemudian, kalau siang kebanyakan bus yang berangkat ke luar Bali,” terangnya.

Lantas kapan arus balik di Terminal Mengwi ? Pihaknya menyebut sesuai perkiraan puncak arus balik di Terminal Mengwi mestinya pada Minggu, namun karena pegawai negeri sipil (PNS) atau instansi pemerintah dan swasta diberikan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) setelah momen Lebaran berakhir, kemungkinan besar arus balik masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

“Trend peningkatan penumpang itu, terlihat pada H+2 lebaran. Jadi saat itu jumlah penumpang yang turun di terminal Mengwi sudah mengalami peningkatan, meski sedikit," ujarnya.

Sesuai data yang direkap pada H+2 jumlah penumpang yang turun di terminal Mengwi sebanyak 394 dengan 19 bus. Begitu juga keesokan harinya sebanyak 704 penumpang yang turun dengan menggunakan 39 bus. Termasuk pada Sabtu 7 Mei 2022 angka penumpang yang turun di terminal mengwi sebanyak 901 dengan 17 bus.

“Kami menyambut baik arus balik yang masuk ke Terminal Mengwi tidak begitu padat sehingga tidak sampai menimbulkan kemacetan. Dan kami prediksi angka penumpang hari ini akan tambah banyak,” pungkasnya.