Bali International Triathlon Atraksi Wisata Olahraga Penuhi Ekspektasi Peserta Dalam & Luar Negeri | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 12 Juli 2020
Diposting : 12 November 2019 21:48
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune/ TRIATHLON 2019 - Konferensi pers International yang berlangsung di Pantai Mertasari Sanur, Denpasar
balitribune.co.id | Denpasar - Bali International Triathlon yang merupakan event berskala internasional ini telah menjadi atraksi sport tourism atau wisata olahraga baru di Indonesia yang berhasil memenuhi ekspektasi dan animo pecinta olahraga triathlon dari dalam dan luar negeri serta masyarakat umum. 
 
Event yang setiap tahun mengambil venue atau tempat di Sanur, Denpasar, kali ini lebih diminati peserta dari dalam negeri. Pasalnya, pada tahun-tahun sebelumnya, jenis kegiatan yang menghadirkan 3 jenis cabang olahraga sekaligus tersebut cenderung dikenal oleh peserta dari luar negeri. Setelah sekian lama, akhirnya mulai digemari oleh masyarakat Indonesia. 
 
Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi disela-sela Herbalife Bali International Triathlon 2019 di Pantai Mertasari, Sanur, Minggu (10/11) menyampaikan, tahun ini jumlah peserta dalam negeri sekitar 80% sedangkan dari luar negeri 20%. "Kalau tahun-tahun sebelumnya peserta asing yang mendominasi hingga 80%. Karena masyarakat kita belum begitu tahu mengenai triathlon yaitu dari 3 cabang olahraga dilakukan sekaligus oleh peserta mulai dari renang, lari dan sepeda," jelasnya. 
 
Peserta atau pecinta olahraga ini dikatakannya harus memiliki fisik yang prima karena melakukan 3 cabang olahraga sekaligus. Sanur pun menjadi venue yang tepat dalam pelaksanaan event wisata olahraga tersebut karena memiliki fasilitas yang memadai. Herbalife Bali International Triathlon 2019 ini menunjukkan tren yang positif terbukti dengan 2.250 peserta dari dalam dan luar negeri mengikuti ajang olahraga ini.
 
Event triathlon berskala internasional yang telah memasuki tahun keduabelas sejak diadakan pertama kali pada 2007 lalu ini, terbagi dalam tiga kategori utama yaitu Olympic Distance Course (Renang 1.5km, Sepeda 40km, Lari 10km), Sprint Distance Course (Renang 500m, Sepeda 20km, Lari 5km) dan 5km Fun Run. 
 
Beragam prestasi telah mewarnai event olahraga yang telah diadakan sejak 2007 ini. Diantaranya mendapat penghargaan “Best Triathlon Run Course in Asia 2018” dari Majalah Triathlon AsiaTri serta sebagai “Best Triathlon Event 2018” dari komunitas lari dan triathlon terbesar di Indonesia Sportactiva.
 
"Kami ini juga mendorong perkembangan olahraga triathlon di Indonesia dan ajang pencarian bibit baru atlit triathlon nasional agar kelak dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” ucap Andam.