Bank Mandiri bersama MKP Tingkatkan Digital Tourism di Krisna North Bali | Bali Tribune
Diposting : 19 May 2021 14:46
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / KERJASAMA - Penandatanganan PKS Krisna Group bersama MKP & Bank Mandiri tingkatkan digital Tourism
balitribune.co.id | Denpasar - Mendukung menggeliatnya pariwisata Bali yang akan dibuka untuk kunjungan wisatawan mancanegara pada Juli 2021 mendatang, Bank Mandiri mendigitalisasi Krisna North Bali. Vice President Bank Mandiri Area Denpasar, Muhammad Iduan Arafah mengatakan bahwa hal ini untuk solusi digitalisasi e-ticketing dan pembayaran elektronik atau nontunai. 
 
"Kami di perbankan mendukung untuk digitalisasi pembayaran (wahana sebagai atraksi wisata-red). Semoga ini nanti bisa mendukung pembayaran nontunai bagi masyarakat Bali. Apalagi persiapan nanti Bali bangkit, program pemerintah mudah-mudahan seperti rencana, Juli Bali bisa bangkit kembali," katanya saat menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) Krisna Group bersama MKP & Bank Mandiri tingkatkan digital Tourism di Krisna Oleh-oleh Kuta, Badung, Rabu (19/5).
 
Kata dia hal ini akan mendukung digitalisasi di 3 titik yaitu Krisna Funtastic Land, Krisna Waterpark dan Krisna Watersport di Singaraja. "Krisna Group dan MKP sebagai mitra Bank Mandiri secara nasional untuk dukungan layanan pembayaran digital. Semua channel pembayaran bisa baik QRIS, yang banyak manfaatnya bagi Krisna memudahkan monitoring dan buat masyarakat bisa dengan mudah bertransaksi tanpa uang tunai untuk mengurangi sentuhan fisik di masa pandemi," jelas Iduan. 
 
Pihaknya menargetkan semakin memperluas layanan digital baik bagi pelaku pariwisata dan pasar. "Kita berharap ekosistem di pariwisata ini mulai dari parkir kendaraan, belanja sudah digitalisasi. Banyak rencana kita terkait pembayaran nontunai ini. Transaksi nontunai ini bisa digunakan oleh semua nasabah meskipun bukan nasabah Bank Mandiri," ucapnya. 
 
Sementara itu, General Manager Krisna Holding Company, Ida Ayu Komang Firna Erawati mengatakan kerja sama ini diharapkan dapat memodernisasi Krisna, sehingga mampu mengikuti tren digitalisasi pembayaran maupun e-ticketing yang sudah berkembang di masyarakat. Sehingga diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan dan memudahkan wisatawan pada saat berkunjung ke Krisna North Bali.
 
Ia optimis di masa adaptasi kebiasaan baru pasca-pandemi Covid-19 pariwisata Bali akan menggeliat. Digitalisasi pembayaran di tempat-tempat wisata sejalan dengan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yaitu mendigitalisasi ticketing pariwisata, retribusi pasar, retribusi parkir dan public toilet.
 
CEO MKP, Nicholas Anggada Perkasa mengaku memberikan solusi e-ticketing yang terintegrasi mulai dari Hardware – Software – Cashless Payment – Manage Service tanpa membebani CAPEX Krisna Group. MKP yang berskala nasional ini telah berkerja sama dengan Bank Mandiri dalam melakukan implementasi 4P yaitu Pariwisata – Parkir – Pasar – Public Toilet.
 
“Krisna Group merupakan wajah industri pariwisata nasional dan Bali. Kami akan terus memberikan support melalui kompetensi MKP sebagai pionir e-ticketing di Indonesia.
 
Pariwisata di Tanah Air saat ini secara bertahap melakukan Digital Tourism, dimana era revolusi industri 4.0 akan memaksa seluruh masyarakat Indonesia beralih ke sistem digital mulai dari tiket manual menjadi tiket elektronik (e-ticketing) dan pembayaran tunai ke arah nontunai.

Hukum & Kriminal

Terpopuler