Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Cuti Lebaran, BI : 2.730 ATM Beroperasi Penuh

Bali Tribune / Trisno Nugroho

balitribune.co.id | DenpasarKantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali memastikan layanan 2.730 ATM yang telah disediakan perbankan, dapat beroperasi penuh 24 jam untuk menjamin kebutuhan uang tunai masyarakat selama masa Lebaran.

"Kami sebelumnya sudah rapat perbankan, kira-kira sehari berapa kebutuhan ATM-nya, silakan ambil uang di Bank Indonesia, kami berikan stok meningkat dua kalinya," kata Kepala KPwBI Provinsi Bali Trisno Nugroho di Denpasar, Kamis (28/4).

Trisno menambahkan, Idul Fitri 1443 Hijriah tahun ini dengan masa cuti bersama dan libur yang cukup panjang, tentunya perlu diantisipasi dari sisi penyediaan uang di ATM karena perbankan akan tutup dan kembali beroperasi normal pada 9 Mei 2022.

"Selama ini ATM-ATM di kota lebih cepat habis dibandingkan yang di pinggiran. Jadi tidak semua sama," ucap mantan Kepala KPwBI DKI Jakarta itu.

Selain itu, mengacu pada Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan MenpanRB terkait Libur Nasional dan Cuti Bersama Lebaran, seluruh layanan penyelenggaraan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) juga tidak beroperasi.

"SKNBI dan seluruh kegiatan layanan kas, ditiadakan (tidak beroperasi) mulai dari 29 April 2022 dan akan beroperasi kembali secara normal pada 9 Mei 2022," ucapnya.

Selain menyiapkan uang tunai, Bank Indonesia juga terus mendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran nontunai, seperti QRIS, uang elektronik, BI-FAST, dan digital banking.

"Transaksi nontunai selain cepat, mudah, murah, aman, dan handal juga higienis karena meminimalisasi kontak fisik dalam bertransaksi," ujarnya.

Di samping itu, Bank Indonesia senantiasa mengimbau masyarakat untuk selalu tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan tetap berhati-hati dalam melakukan transaksi pembayaran.

"Masyarakat agar berhati-hati dalam melakukan transaksi pembayaran secara tunai maupun nontunai dengan selalu menjaga kerahasiaan informasi pribadi seperti username dan password, PIN, serta kode OT P (one-time password)," kata Trisno.

wartawan
ARW
Category

Berlangsung Meriah, Telkomsel Ikut Semarakan Denpasar Festival ke-18

balitribune.co.id | Denpasar - Telkomsel turut berpartisipasi pada event Denpasar Festival ke-18 sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kegiatan budaya sekaligus menghadirkan pengalaman layanan terbaik bagi masyarakat. Kehadiran Telkomsel pada perhelatan tahunan ini diwujudkan melalui booth pelayanan pelanggan yang siap melayani berbagai kebutuhan pengunjung selama acara berlangsung.

Baca Selengkapnya icon click

Tiga Langkah Kecil Pastikan Liburan Tahun Baru Masih Masuk ke Rencana Keuangan

balitribune.co.id | Denpasar - Berdasarkan data OCBC Financial Fitness Index 2025, hanya 12% menggunakan uang sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan di awal tahun. 82 persennya menganggap anggaran hanyalah angan-angan. 76 persen anak muda masih habiskan uang demi ikut gaya hidup satu sama lain. Meskipun turun dari 80 persen, angka ini masih tergolong tinggi.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Desa Wisata di Bali Berhasil Raih Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan Tahun 2025

balitribune.co.id | Denpasar - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) mengumumkan pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan. Pada tahun 2025 ini, Kemenpar RI berkolaborasi dengan salah satu bank swasta mensertifikasi 10 desa wisata di Indonesia.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Astra Motor Bali Hadirkan Servis Gratis Honda di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung Jelang Nataru

balitribune.co.id | Denpasar – Menyambut perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), Astra Motor Bali kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan prima kepada konsumen setia Honda melalui program Servis Gratis Honda. Layanan ini berlangsung mulai 22 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung, Denpasar.

Baca Selengkapnya icon click

PascaBanjir di Bali, Zurich Menerima Pengajuan Klaim Rp 30 Miliar Lebih

balitribune.co.id | Denpasar - PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) telah menerima laporan klaim atas lebih dari 140 polis dengan estimasi total kerugian mencapai lebih dari Rp 30 miliar terkait bencana di Bali tersebut. Sebagian besar klaim berasal dari lini asuransi properti, disusul oleh lini kendaraan bermotor.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.