Desa Wisata Undisan Terima Penghargaan ADWI 2022, Bupati Sebut Kebangkitan Pariwisata di Bangli | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 07 Februari 2023
Diposting : 2 November 2022 19:29
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune / PIALA - Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta saat menerima piala ADWI 2022 dari Pengelola Desa Wisata Undisan I Kadek Darmayasa Karang bertempat di RJ Bupati Bangli, Selasa (1/11).
balitribune.co.id | BangliPrestasi membanggakan diraih  Desa Wisata Undisan, Kecamatan Tembuku pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022., Desa Wisata Undisan  Bangli meraih juara 3 kategori Desa Wisata Maju. Prestasi  yang diraih  Desa Wisata Undisan disebut sebagai kebangkitan pariwisata Bangli secara umum dan khusus di Desa Undisan. Hal tersebut diungkapkan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta saat menerima Pengelola Desa Wisata Undisan, I Kadek Darmayasa Karang dan pemuka desa adat Undisan di RJ Bupati Bangli, Selasa (1/11).

Menurut Bupati Sedana Arta sejatinya untuk potensi pariwisata tersebar di seluruh kecamatan di Bangli. Namun demikian untuk icon destinasi pariwisata adalah Kintamani. Namun kini pariwisata lainnya mulai menggeliat. "Hari ini Desa Wisata Undisan muncul, kami yakin Desa Undisan akan semakin berkembang," kata mantan anggota DPRD Bali ini.

Kata Sedana Arta, jika berkaca ke belakang banyak SDM pariwisata yang berasal dari Desa Undisan. Travel agen banyak dari Desa Undisan. "Kini mereka pulang kampung untuk membangun Desa Undisan," jelasnya. 

Pihaknya dalam waktu dekat  akan menurunkan tim dalam rangka memotret lebih detail potensi yang bisa dikembangkan. "Di Undisan banyak potensi seperti air terjun, tempat melukat hingga ATV," ujar Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut ini.

Ditambahkan pula untuk peningkatan SDM kepariwisataan pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1 miliar. Anggaran tersebut untuk kegiatan pelatihan. "Guna peningkatan SDM kami anggarkan lebih pada tahun 2023," sebut Bupati yang juga  Ketua DPC PDI-P Bangli ini

Tidak hanya Desa Wisata Penglipuran jadi pariwisata kelas dunia tapi juga Desa wisata lainnya. Kata Bupati Sedana Arta sudah ada perencanaan untuk pengembangan sejumlah Desa Wisata di tahun 2023. Hanya saja ini masih ada kendala penyamaan persepsi.

Menurutnya Desa adat maupun Desa Dinas berkolaborasi dengan pemerintah daerah serta berkomitmen dalam pengembangan dan pembangunan sektor pariwisata. Dalam hal ini pemerintah daerah sebagian leading sektor. "Dengan kehadiran pemerintah akan jauh lebih dahsyat dari sisi perencanaan, pengembangan dan promosi," ungkap  Sedana Arta.

Sementara  Pengelola Desa Wisata Undisan, I Kadek Darmayasa Karang menyampaikan pencapaian Desa Wisata Undisan tidak lepas dari dukungan seluruh pihak. Pada ADWI 2022 ada tujuh katagori yang dinilai. Desa Undisan sudah memenuhi kriteria seluruhnya sehingga Desa Undisan meraih juara 3 katagori Desa Wisata Maju. 

Dengan pencapaian ini, pihaknya akan terus melakukan terobosan. Tidak hanya mendapat nama ADWI tetapi Desa Wisata Undisan melakukan inovasi. "Mudah-mudahan Desa Wisata Undisan bisa lebih maju dan bisa dikenal wisatawan domestik dan mancanegara," harap Darmayasa Karang. 

Diakui sejak masuk 50 besar ADWI, kunjungan ke Desa Wisata Undisan meningkat, mulai dari kegiatan observasi maupun lainnya. Sudah barang tentu dengan peraihan ini, kata Kadek Darmayasa Karang menjadi pelecut  untuk kedepanya bisa lebih baik lagi. “Dengan dukungan seluruh steak older, kami yakin Desa Wisata Undisan akan lebih maju lagi,” jelasnya.