Disambut Antusias Warga, GMT Bagikan 4.494 Paket Sembako di Tiga Desa di Kecamatan Selat | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 04 Desember 2020
Diposting : 4 July 2020 17:54
Husaen SS. - Bali Tribune
Bali Tribune / BANTUAN - Penanggungjawab GMT, I Gusti Made Tusan bersama mantan Wabup Karangasem, I Made Sukerana saat menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada warga di Desa Duda Timur

balitribune.co.id | Amlapura - Penanggungjawab Gerakan Masyarakat Terpadu (GMT) I Gusti Made Tusan bersama relawan dan sejumlah tokoh masyarakat Karangasem diantaranya Mantan Wakil Bupati Karangasem, I Made Sukerana, Sabtu (4/7/2020) turun kebawah guna menyalurkan bantuan 4.494 paket sembako untuk masyarakat kurang mampu yang terdampak wabah Covid 19 secara ekonomi di tiga desa di Kecamatan Selat, yakni Desa Adat Duda, Desa Amertabuana dan Banjar Sogra, Desa Sebudi. Kunjungan tersebut sekaligus bersilaturahmi dan berbincang-bincang dengan warga dan tokoh masyarkat setempat.

Di Desa Adat Duda, I Gusti Made Tusan dan I Made Sukerana beserta rombongan, disambut dengan antusias oleh ratusan warga, dan tokoh masyarakat di Kecamatan Selat, namun untuk menghindari terjadinya kerumunan warga ditengah wabah Covid-19 seperti sekarang ini, hanya beberapa orang perwakilan warga saja yang diperkenankan hadir, di Balai Banjar, Desa Duda Timur.

Dalam kesempatan itu, I Gusti Made Tusan yang juga suami dari Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri ini, berbincang cukup lama dengan tokoh masyarakat terkait kondisi Karangasem saat ini utamanya mengenai dampah bencana wabah Covid-19 yang benar-benar sangat dirasakan oleh masyarakat, utamanya di Kecamatan Selat.

“Hampir 200 orang lebih warga kami yang bekerja di Denpasar utamanya di sektor pariwisata. Sejak wabah Covid 19 merebak, hampir semuanya pulang kampung, ada yang dirumahkan dan ada yang terkena PHK dari perusahaan mereka,” ungkap Bendesa Adat Duda, I Komang Sujana. Dan bantuan dari keluarga besar GMT ini menurutnya sangat berarti bagi warganya yang mengalami kesulitan ekonomi karena dampak wabah Corona.

“Kami atas nama masyarakat Desa Adat Duda, menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada keluarga besar GMT, yang telah peduli dan bahkan Bapak I Gusti Made Tusan datang langsung membawakan bantuan itu ke desa kami. Kami berharap bantuannya tidak kali ini saja, semoga ada bantuan tahap berikutnya mengingat pandemi ini yang bekepanjangan,” pinta Komang Sujana.

Disampaikannya, sampai saat ini di Desa Adat Duda belum ditemukan adanya kasus Covid-19. Itu karena kerja keras Satgas desa yang kerja siang malam, termasuk warganya yang patuh dengan anjuran Satgas untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu, Penanggungjawab GMT, I Gusti Made Tusan dalam kesempatan itu mengajak masyarakat untuk sama-sama mendoakan agar wabah Covid 19 ini bisa segera berakhir, sehingga kehidupan dan aktifitas masyarakat bisa berjalan normal kembali seperti dulu.

“Saya sangat memahami dan bisa merasakan kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat Karangasem akibat dampak Covid-19 ini. Karena itu saya bersama GMT secara tulus berupaya membantu meringankan beban yang tengah dihadapi masyarakat,” kata I Gusti Made Tusan.

Sementara bantuan diserahkan secara simbolis kepada warga perwakilan dari 27 Banjar Dinas dari dua perbekelan yang ada di Desa Adat Duda, yakni Desa Duda dan Desa Duda Timur. Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua III DPRD Karangasem, I Wayan Parka dan Wakil Ketua II DPRD Karangasem, I Made Agus Kertiana, anggota DPRD Karangasem dari Demokrat, I Wayan Suparta, Anggota DPRD dari Fraksi Nasdem, I Gusti Agung Aryawan dan I Gusti Ngurah Gede Subagiartha, Perbekel Duda, I Gusti agung Ngurah Putra, dan Perbekel Duda Timur I Gede Pawana, serta Plt Ketua DPD Golkar Karangasem, I Gusti Ngurah Setiawan.