DPRD Buleleng Ucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan | Bali Tribune
Diposting : 25 February 2024 16:01
CHA - Bali Tribune
Bali Tribune / DPRD Buleleng Ucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan

balitribune.co.id | Singaraja - Umat beragama Hindu akan merayakan Hari Raya Galungan dan Kuningan yang jatuh pada Rabu 28 Februari dan 9 Maret 2024. Hari Raya Galungan ini diperingari setiap 6 bulan sekali tepatnya pada  Budha Keliwon uku Dungkulan.

Hari Raya Galungan diperingati sebagai wujud kemenangan Dharma(kebenaran) melawan Adharma(kejahatan). Pada perayaan Galungan, Umat Hindu nengikuti persembahyangan untuk menghaturkan rasa syukur kepada Sanghyang Widhi Wasa atas terciptanya dunia serta segala isinya.

Sedangkan Hari Raya Kuningan jatuh 10 hari setelah perayaan Galungan. Pada Hari Raya Kuningan umat Hindu akan melakukan pemujaan kepada para dewa, pitara untuk memohon keselamatan  kedirgayusaan, perlindungan  dan tuntunan lahir batin.

Dalam momentum perayaan Hari Raya yang datang setelah pelaksanaan pemilu serentak ini, Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna berharap, pemimpin yang telah masyarakat pilih bisa sesuai dengan harapan dan yang terpenting selalu berjalan pada prinsip-prinsip kebenaran.

“Baru saja kita melaksanakan Pemilu. Astungkara pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Buleleng berjalan lancar, aman, dan tertib. Setelah itu mari kita tetap jaga kerukunan antar sesama umat beragama agar Bali pada umumnya dan Buleleng pada khususnya tetap aman dan damai,” harap Supriatna.

Kemudian, Supriatna mewakili para pimpinan dan anggota DPRD Buleleng berserta jajaran mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Selain itu, pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk menjalankan kewajiban masing-masing baik itu untuk agama maupun negara.