I Gusti Made Tusan, Gus Ode dan IGA Mas Sumatri Terima Silaturahmi Jamaah Haji Karangasem | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 25 Juli 2024
Diposting : 29 May 2023 10:59
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune/ SILATURAHMI - I Gusti Made Tusan didampingi Gus Ode dan IGA Mas Sumatri menerima silaturahmi jamaah haji Kabupaten Karangasem.

balitribune.co.id | Amlapura - Sebanyak 19 orang jamaah haji Kabupaten Karangasem, bersilaturahmi ke kediaman tokoh masyarakat Karangasem, yang juga penaggungjawab Semeton GMT, I Gusti Made Tusan, Minggu (28/5/2023) Karangasem, sekaligus untuk berpamitan berangkat menuju ke Tanah Suci Mekah pada 8 Juni 2013 mendatang.

Rombongan silaturahmi jamaah haji Kabupaten Karangasem ini diterima langsung oleh I Gusti Made Tusan, bersama Wakil Ketua DPRD Karangasem, I Gusti Ngurah Gede Subagiartha, dan Bupati Karangasem, Periode 2015-2020 IGA Mas Sumatri. Silaturahmi berlangsung dengan suasana penuh kekeluargaan, dimana para jamaah haji berbincang santai dengan I Gusti Made Tusan dan IGA Mas Sumatri. “Ini sudah menjadi tradisi kami pada setiap musim haji, karena saya tidak bisa mengunjungi jamaah haji yang mau berangkat, jadi para jamaah yang kesini. Kami dengan saudara muslim di Karangasem sudah seperti keluarga besar,” ujar I Gusti Made Tusan.

I Gusti Made Tusan meminta dibawain oleh-oleh air zamzam dari Baitullah. “Biasanya pulang dari haji, oleh jamaah saya dibawain oleh-oleh air zamzam dan buah kurma,” sebutnya bersemangat.

Wakil Ketua DPRD Karangasem I Gusti Ngurah Gede Subagiarta (Gus Ode) yang juga putra dari I Gusti Made Tusan menyampaikan, jika silalturahmi ini sudah menjadi tradisi orang tuanya sejak bertahun tahun. “Ajik I Gusti Made Tusan selalu berpesan kepada saya agar terus menguatkan tali silaturahmi dengan saudara-saudara kami yang muslim di Karangasem. Bila perlu makin dikuatkan lagi,” lontar politisi muda yang saat ini kembali maju sebagai Bacaleg DPRD Karangasem dari Partai Nasdem.

 IGA Mas Sumatri juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji dan memohon kepada jamaah haji untuk ikut mendoakan agar suaminya I Gusti Made Tusan bisa diberikan anugrah kesehatan sehingga tetap bisa berbuat untuk masyarakat di Kabupaten Karangasem. “Saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekah. Jaga kesehatan selama berada disana dan tetap menjaga martabat bangsa,” ucap Bupati Karangasem periode 2015-2020 yang juga Ketua DPD Partai Nasdem Karangasem, sekaligus Bacaleg DPRD Provinsi Bali.

I Gusti Made Tusan memberikan tali kasih kepada para jamaah haji dan pengantar untuk bekal selama di perjalanan menuju Embarkasi Surabaya yang ditempuh melalui jalur darat.

Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Karangasem A. Sadat Kadar Usman menyampaikan, pada musim haji tahun ini, Kabupaten Karangasem mendapatkan kuota keberangkatan sebanyak  21 orang jamaah. Hanya saja dari jumlah tersebut total yang berangkat tahun ini 19 orang jamaah. "Keberangkatan jemaah haji tahun ini juga tidak ada batasan usia seperti tahun lalu. Jadi seluruh jemaah yang sudah terdaftar diizinkan untuk berangkat," bebernya sembari menyebutkan usia jamaah haji tertua di Karangasem yang berangkat yakni 72 tahun dan  termuda 32 tahun.