Jalur Joging Track Rusak | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 25 Juli 2024
Diposting : 7 February 2023 20:16
SUG - Bali Tribune
Bali Tribune / RUSAK - Kondisi Joging Track dipantai Klotok rusak

balitribune.co.id | SemarapuraKondisi pantai seputar Pura Watu Klotok Klungkung, baik ke arah timur maupun ke arah barat tampak seperti tidak tertata dengan baik. Parahnya lagi Fasilitas jogging track (jalur jogging) di Pantai Watu Klotok, mengalami kerusakan parah. Padahal jalur track ini merupakan fasilitas yang kerap dimanfaatkan warga saat berkunjung ke Pantai Watu Klotok.

Diperkirakan jalur jogging yang rusak di Pantai Watu Klotok memiliki panjang sekitar 100 meter. Bahkan di beberapa titik jalur jogging sampai jebol sehingga justru membahayakan untuk aktivitas berolahraga. Jalur joging yang rusak parah, dapat ditemui di sisi selatan Pura Watu Klotok hingga ke timur atau di sisi barat Pantai Batu Tumpeng. Paving jalur jogging ada yang jebol, atau pavingnya perserakan sampai ke pantai.

Seorang warga yang ditemui di Pantai Watu Klotok, Made Mahardika menjelaskan, kerusakan jalur jogging itu sudah sejak lama. Kerusakan itu baginya menganggu kenyamanan warga yang sering ke Pantai Watu Klotok, untuk sekadar berolahraga, atau jalan-jalan di pantai. "Kondisi jalur jogging ini sudah lama rusak. Bisa dilihat sendiri, pavingnya sampai berserakan di pantai. Padahal Pantai Watu Klotok ini setiap pagi atau sore ramai dikunjungi warga untuk olahraga atau jalan-jalan," terang Mahardika.

Ia berharap jalur joging itu bisa segera di perbaiki, sekaligus berharap kembali ada penataan pesisir di Pantai Watu Klotok. "Semoga bisa segera diperbaiki (Watu Klotok). Sekaligus ada perbaikan tanggul, agar ditinggikan lagi. Karena air laut sudah semakin ke utara mengikis pesisir," harapnya.

Kepala Dinas PU, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman Kabupaten Klungkung Made Jati Laksana mengatakan, jalur jogging dan tanggul di Pantai Watu Klotok merupakan kewenangan Balai Wilayah Sungai Bali Penida. Namun dirinya akan menginformasikan kerusakan itu ke pihak balai, agar mendapatkan penanganan segera. "Saya akan teruskan hal ini ke pihak Balai (BWS) agar segera mendapat penanganan,” ungkap Jati Laksana.

Menurutnya fasilitas (jalur jogging) di Pantai Watu Klotok perlu mendapatkan perhatian, mengingat Pantai Watu Klotok selama ini menjadi salah satu objek wisata bagi warga lokal dan warga asing untuk bermaim surfing. Selaim itu Pantai Watu Klotok juga menjadi kawasan suci, yang sering dikunjungi warga untuk melukat.