Layanan Antar Jemput Pasien Masuk Finalis Indonesia Healthcare Innovation Awards VI-2022 | Bali Tribune
Diposting : 7 November 2022 12:59
- Bali Tribune
Bali Tribune / Layaan Antar Jemput Pasien, innovasi yang digagas Bupati Karangasem I Gede Dana

balitribune.co.id | Amlapura - Layanan Antar Jemput Pasien (AJP) merupakan inovasi layanan kesehatan yang digagas oleh Bupati Karangasem, I Gede Dana. Sebuah layanan dasar kesehatan bagi masyarakat sebagai upaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah terpencil yang sulit dijangkau.

Namun siapa menyangka layanan AJP yang digagas Bupati Gede Dana untuk menuntaskan Visi Misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali Kabupaten Karangasem untuk mewujudkan Pakerthi Nadi ini menarik perhatian Kementrian Kesehatan, karena dianggap sebagai sebuah innovasi layanan kegawat daruratan terpadu yang paling dibutuhkan oleh masyarakat.

Layanan AJP masuk sebagai satu dari puluhan Finalis Indonesia Healthcare Innovation Awards VI-2022 (IHIA VI-2022) dalam kategori Inovasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu.

Indonesia Healthcare Innovation Awards VI-2022 (IHIA VI-2022) sendiri merupakan kegiatan yang digelar oleh Indonesia Healthcare Forum (Indohcf) sebagai penghargaan atas inovasi anak bangsa dibidang kesehatan, baik sifatnya perorangan maupun lembaga. Penghargaan diberikan dalam lima kategori masing-masing, Inovasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS, Inovasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu atau SPGDT, Inovasi Mutu Pelayanan Kesehatan, Inovasi Alat Kesehatan atau ALKES, dan Inovasi IT Kesehatan.

Dimana Finalis yang meraih penghargaan akan diumumkan pada acara Grand Final Penganugerahan IHIA VI 2022, di Ballroom Djakarta Theater 24 November 2022 mendatang. Masuknya program Layanan AJP sebagai salah satu Finalis Indonesia Healthcare Innovation Awards VI-2022, diapresiasi oleh Bupati Gede Dana.

“Kami sangat mengapresiasi layanan AJP masuk sebagai Finalis IHIA VI 2022. Ini gagasan kami untuk memenuhi hak dasar masyarakat di Kabupaten Karangasem. Dengan layanan ini masyarakat sangat dimudahkan dan bisa dengan cepat menuju ke fasilitas dan layanan kesehatan,” ujar Gede Dana, didampingi Kadis Kesehatan Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama.

Selain AJP berbagai innovasi juga dilakukan Gede Dana untuk menuntaskan program kerja dan Visi-Misi Dana-Dipa, seperti Janakerthih, Atma Kerthi dan lainnya.