Mejaya-Jaya Jelang Pelantikan, Tamba-Ipat Nyatakan Siap Ngayah | Bali Tribune
Diposting : 24 February 2021 20:02
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Bali Tribune / Sebelum dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Jembrana terpilih, I Nengah Tamba dan I Gede Ngurah Patriana Krisna mengikuti prosesi mejaya-jaya Rabu (24/2)

balitribune.co.id | Negara - Dua hari sebelum pelantikan, Bupati dan Wakil Bupati Jembrana terpilih hasil Pilkada serentak  2020, I Nengah Tamba dan I Gede Ngurah Patriana Krisna (Tamba-Ipat) telah menjalani prosesi mejaya-jaya di Pura Jagatnatha Kabupaten Jembrana Rabu (24/2). Keduanya menyatakan siap ngayah dan mengabdi untuk melayani masyarakat Jembrana.

Setelah sempat diundur, rangkaian pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Jembrana terpilih mulai dilaksanakan. Diawali dengan prosesi mejaya-jaya yang merupakan rangkaian sebelum pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Jembrana terpilih yang diagendakan  Jumat (26/2) besok di Kantor Gubernur Bali, Denpasar. Ritual mejaya-jaya berlangsung sederhana dengan penerapan Protokol kesehatan. Selain Bupati dan Wakil Bupati Jembrana terpilih yang akan diambil sumpah jabatannya oleh Gubernur Bali, prosesi ini juga diikuti istri masing-masing.

Upacara  mejaya jaya diawali dengan persembahyangan bersama di Pura Niti Praja yang dipuput oleh Ida Rsi Bujangga dari Grya Tegal Cangkring kecamatan Mendoyo. Sedangkan prosesi upacara mejaya-jaya, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jembrana periode 2021-2024 dipuput  Ida Pedanda Gede Ketut Putra Kemenuh dari Grya Ketugtug Kecamatan Jembrana. Ida Pedanda Gede Ketut Putra Kemenuh mengatakan, prosesi mejaya-jaya dilakukan agar pemimpin selalu “Jaya” (menang) dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Dikatakannya sebelum menjalankan roda pemerintahan, pejabat termasuk Bupati dan Wakil Bupati mutlak harus mengikuti upacara mejaya-jaya. “Pemimpin dalam mengemban dan menjalankan tugas-tugasnya di pemerintahan selalu diberkahi ide, gagasan dan terobosan yang bermanfaat untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya. Ida Pedanda Kemenuh juga menegaskan secara niskala, kedua pemimpin, baik Bupati maupun Wakil Bupati dalam menjalankan dharma negara agar diberikan jalan dan tuntunan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selesai mengikuti rangkaian prosesi mejaya-jaya, Bupati terpilih, I Nengah Tamba menyampaikan apresiasi atas bantuan dari berbagai pihak sehingga rangkaian prosesi berjalan lancar. Meski belum resmi dilantik, ia juga menyampaikan terimakasihnya atas kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat untuk memimpin Kabupaten Jembrana. ”Saya bersama Wakil Bupati terpilih mengucapkan terima kasih kepada segenap jajaran pemerintah daerah. Semua prosesi dan kegiatan  telah dilaksanakan dan berjalan lancar ,” ungkapnya.

Nengah Tamba juga menegaskan pihaknya siap ngayah bersama Ipat selaku Wakil Bupati terpilih dengan segenap jajaran yang ada di Pemkab Jembrana. “Kami bersama Pak Wakil, akan siap ngayah. Itu demi pengabdian kami dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” tandasnya. Dijadwalkan Bupati dan Wakil Bupati terpilih akan dilantik serentak oleh Gubernur Bali, Wayan Koster Jumat besok. Sedangkan Kamis (24/2) hari ini diagendakan gladi pelantikan bersama enam kepala daerah dan wakil kepada daerah terpilih lainnya. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler